Tren Benefit 2007 ala Watson Wyatt

Awal tahun baru merupakan musim prediksi. Berkaitan dengan dunia kerja, perusahaan konsultan global terdepan Watson Wyatt Worldwide meramalkan bahwa pada 2007 banyak perusahaan akan membuat peraturan baru atau mengubah kebijakan mereka atas benefit. Karyawan diharapkan mengantisipasinya dengan penuh tanggung jawab.

Ada dua area benefit yang menjadi titik pusat perhatian Watson Wyatt, yakni tunjangan kesehatan dan tunjangan pensiun.Menurut Watson Wyatt, tren tunjangan perawatan kesehatan pada 2007 akan meliputi:

— Peningkatan perhatian pada high-deductible health plan (HDHP) dan kebijakan mengenai reimbursement, misalnya tabungan kesehatan. Sepertiga perusahaan besar yang disurvei oleh Watson Wyatt berencana menggabungkan HDHP dengan reimburse. Hanya sedikit perusahaan yang akan mengubah kebijakan mereka mengenai HDHP.

— Peningkatan tunjangan-tunjangan informasi dan perangkat online berkaitan dengan (perawatan) kesehatan. Sistem berbasis web memungkinkan karyawan untuk menentukan pilihan jasa pelayanan kesehatan terbaik dan berkualitas.

— Integrasi yang lebih besar antara perawatan kesehatan dan manajemen absensi. Koordinasi antara kedua hal itu akan lebih dipopulerkan sehingga meningkatan kesehatan dan memacu produktivitas karyawan.

— Penyediaan klinik di tempat kerja. Untuk memudahkan akses perawatan kesehatan, akan semakin banyak perusahaan yang membuka klinik on-site.

“Gerakan program perawatan kesehatan berorientasi-karyawan akan terus berlanjut, dan akan berkembang lebih dari sekedar HDHP dan tabungan kesehatan,” ujar direktur group and health care consulting Watson Wyatt Ted Nussbaum seperti dilaporkan PR Newswire. “Pengusaha akan menempuh upaya lebih lanjut untuk sasaran-sasaran khusus dan memanfaatkan data untuk membantu karyawan mengontrol biaya kesehatan secara efektif.”

Sedangkan, untuk program tunjungan pensiun, tren yang diprediksi Watson Wyatt sebagai berikut:

— Perusahaan akan mempertimbangan pilihan-pilihan baru di samping pension protection act dan tabungan hari tua.

— Investment strategy reviews. Pendekatan atas program pensiun jangka panjang yang lebih baik akan terus berlanjut. Semakin banyak pengusaha yang juga akan mempertimbangkan investasi alternatif, seperti tunjungan kredit rumah.

“Ini kabar baik bahwa pendanaan untuk program pensiun akan terus dikucurkan,” ujar senior retirement consultant Watson Wyatt Alan Glickstein. “Setelah tahun-tahun sebelumnya diwarnai ketidakpastian, kini masa depan karyawan makin terprediksi. Dan, dengan desain rencana baru serta ketersediaan pilihan-pilihan investasi, kita bisa berharap kaum pengusaha terus mencari yang terbaik bagaimana memadukan rencana-rencana mereka dengan tujuan perusahaan jangka panjang.”

Tags: