Transformasi Budaya Perusahaan, Mulailah dengan Percaya pada Karyawan

julie clow

Begitu Julie Clow pertama kali masuk bekerja di Google tahun 2006, langsung dirasakannya sesuatu yang sangat berbeda dalam budaya organisasi di sana. Selama 5 tahun bekerja di Google Julie terkesima dengan betapa tingginya tingkat kepercayaan yang diberikan kepada karyawan sehingga karyawan diberikan kebebasan dan fleksibilitas yang sangat tinggi.

Hal itu dituangkan Julie dalam bukunya “Work Revolution” yang terbit bulan April 2012. Menurut Julie, organisasi masa kini harus bertransformasi dalam keseluruhan budayanya. Cara bekerja kita harus berubah karena hal-hal yang dituntut dalam bisnis untuk sukses pun telah berubah.

5 hal fundamental dalam revolusi dunia kerja itu adalah:

1. Impact Not Activities; organisasi seharusnya fokus pada hasil bukan lagi pada detil kegiatan

2. Energy Not Schedule; organisasi seharusnya fokus pada enerji seluruh resource dibanding terpaku pada jadwal

3. Strength Not Job Slots; dimana 3 orang yang mempunyai job description yang sama dapat malakukan pekerjaan yang sepenuhnya berbeda karena setiap orang akan membawa talenta yang unik kepada organisasi

4. Right things Not Everything; fokus diberikan pada hal-hal yang tepat

5. Grassroot Not Top Down; dengan adanya social media juga mempermudah komunikasi dengan level paling bawah.

“Di Google tidak ada jam kerja. Kami bisa bekerja kapan saja kami mau. Kami bekerjasama secara global sehingga jam kerja bisa sangat fleksibel,” demikian ujar Julie kepada PortalHR.com.

Menurut Julie, apabila perusahaan terlalu mempermasalahkan jam kerja, maka itu adalah salah fokus. Seharusnya perusahaan memfokuskan pada hasil, bukan pada aktivitasnya.

“Perusahaan harus menghargai setiap talent yang ada, dan memberi kebebasan serta pilihan yang luas kepada karyawan. Dengan begitu mereka akan memberikan yang terbaik kepada perusahaan,” tambah Julie dalam wawancara khusus dengan PortalHR.com di sela-sela acara ASTD STADA Asia Pacific (APAC) Conference di Singapura Rabu (31/10) yang lalu.

Julie percaya bahwa setiap orang dapat menjadi excellent apabila diberikan kebebasan penuh untuk mengembangkan dirinya. Setiap orang mempunyai keunikan, misalnya tidak semua adalah morning person. Tetapi organisasi cenderung memaksakan jam kerja yang kaku, 9 to 5.

Ketika ditanya apakah mungkin kita memberi kepercayaan sedemikian rupa kepada semua karyawan, Julie menjawab simpel saja, “Kalau tidak bisa dipercaya, untuk apa organisasi mempekerjakan karyawan itu?”  (*/@mei168)

Tags: , , , ,