The Jakarta Consulting Group Perkenalkan The RED Syndicate

The Jakarta Consulting Group memperkenalkan The Regional Economic Development (RED) Syndicate dengan program Strategic Intervention for Regional Economic Development (SIRED) di Jakarta beberapa hari lalu. A.B Susanto selaku Chairman of The Jakarta Consulting Group menjelaskan, program nyata dari sindikasi yang terdiri dari berbagai kalangan ini berupa konsultasi yang disertai training dalam rangka akselerasi pembangunan ekonomi daerah.

Program ini juga meliputi kegiatan assessment, strategic planning, direction dan implementation yang tepat, sehingga dapat menjadi pijakan bagi para pemimpin daerah untuk memajukan daerahnya. “Dalam kerangka kerjanya The RED Syndicate memerhatikan pentingnya keselarasan antara strategi pembangunan daerah dengan kebijakan nasional,” ujar A.B Susanto.

Menurutnya, produk ini dapat menjawab tantangan kesenjangan yang lebih besar antara yang kaya dan yang miskin dan memberi harapan nyata dalam merespons strategi besar yang telah dicanangkan pemerintah sejak 6 tahun yang lalu, yaitu mencapai pro-growth, pro-job and pro-poor. “Pendekatan The RED Syndicate akan memacu pertumbuhan ekonomi pada khususnya, menciptakan lapangan pekerjaan baru, menumbuhkan lapangan pekerjaan yang sudah ada dan mengurangi tingkat kemiskinan,” tuturnya.

Salah satu yang menarik dari produk SIRED adalah digunakannya sebuah alat untuk menganalisa dan mengembangkan potensi daerah yang disebut Strategic Multidimensional Analysis (SMA) yang khusus dikembangkan dalam upaya akselerasi pembangunan ekonomi daerah dengan pendekatan multi-disiplin, yaitu gabungan ilmu strategik manajemen, ilmu komunikasi, ilmu pembangunan daerah, ilmu statistik, dan ilmu geosains.

Selain itu, SIRED juga memanfaatkan informasi geospasial yang terangkum ke dalam alat yang disebut Space and Time Informations for Policy and Strategy (STIPS) sebagai salah satu tindakan konkret dalam menanggapi keinginan Presiden mengenai pemanfaatan data spasial nasional yang tercantum dalam Peraturan Presiden No 85/2007.

Dengan produk yang inovatif ini diharapkan pemimpin daerah dapat membuat keputusan yang tepat dan bersifat strategik bagi daerahnya, sehingga pembangunan ekonomi daerah dapat mencapai keselarasan dengan kebijakan nasional. –Nani Maria Dewi

Tags: