Telkom Siapkan 1000 Leader Untuk Go Global

TELKOM kini sedang mempersiapkan 1000 karyawannya untuk mengikuti Global Talent Program pada Telkom Corporate University (CorpU) pada tahun 2013 ini. Program ini merupakan upaya Telkom dalam mempersiapkan great leader untuk menghadapi tantangan bisnis di masa depan.

Hal itu disampaikan Ir. Priyantono Rudito M.Bus Phd, Direktur Human Capital & GA PT. Telkom Indonesia kepada PortalHR beberapa waktu lalu. Target mencetak 1000 talent itu memang dianggap bukan perkara mudah. Namun Telkom menerima tantangan tersebut dengan komitmen yang kuat dan perencanaan yang matang.

“Kita ingin mempersiapkan orang terbaik di Telkom yang memang kita proyeksikan mereka untuk menjadi pemimpin Telkom di masa depan,” demikian diungkapkan Priyantono.

Selain itu program tersebut juga dilaksanakan guna mengantisipasi era borderless. Untuk itu Telkom mencetak pemimpin-pemimpin yang mempunyai global mindset dan siap menghadapi tantangan tersebut.

Salah satu strategi Telkom dalam mempersiapkan great leader tadi adalah dengan cara memberikan real job assignment dimana calon-calon leader tersebut diturunkan langsung ke global market. Beberapa karyawan yang terpilih dikirim ke international market untuk melakukan sebuah mission bahkan menangani bisnis hingga tuntas sebagai syarat kelulusan program tersebut bagi mereka.

“Dengan melakukan hal tersebut, kita percaya hal ini bisa menjadi strategic leverage dengan dia sudah ditempatkan di medannya langsung. Kemampuan dan integritasnya itu akan ter-upgrade dengan cepat,” ujar Priyantono. Dengan upaya tersebut Telkom berharap kader-kadernya dapat lebih matang lagi saat menduduki posisi penting di Telkom dan bisa mengaplikasikan ilmunya dengan baik.

Priyanto tidak menampik bahwa untuk mewujudkan semua itu dibutuhkan kedisiplinan yang tinggi antara tim HR di Telkom. “Tentunya dibutuhkan kedipilinan, istiqomah dan konsistensi untuk menjalankan misi ini, doakan saja kami bisa,” tutur Priyanto.

Saat ditanya apa keyakinan Telkom hingga bisa berkembang sampai sejauh ini, Priyanto menjawab bahwa Telkom mempunyai value yang selalu ditonjolkan yaitu, jiwa spiritualitas. Dengan mempunyai spirit tersebut maka pekerjaan seberat apapun akan terasa lebih ringan. Spiritualitas tersebut diartikan Telkom dengan ‘always the best’, dimana setiap karyawan memiliki rasa ikhlas dalam bekerja sehingga hasilnya akan selalu baik.

“Sekalipun Anda bukan direktur, tapi percayalah kebahagiaan pada saat pulang dari kantor bisa lebih dari direktur, jika kita memang bekerja untuk melakukan yang terbaik,” terang Priyanto.

Untuk itu Telkom menurunkan value spiritual tersebut menjadi 3 kompetensi, yaitu integrity, totalitas dan antusiasme, yang menjadi objek penilaian terhadap karyawan di Telkom. (*/@nurulmelisa)

Tags: ,