Tantangan HRD Abad 21 di Mata CEO

logo portalhr summit_posting

SALAH SATU topik menarik di PortalHR Summit 2012, adalah bagaimana tantangan HR di abad 21. Menariknya, topik ini dikupas oleh bukan seorang HR, tapi justru dari seorang CEO IBM Indonesia. Seperti apa?

Ada tiga pokok bahasan penting tentang wawasan HRD abad 21 yang ditegaskan Suryo Suwignyo, CEO IBM Indonesia dalam presentasinya di hari kedua PortalHR Summit 2012. Menurut Suryo, tantangan nyata yang terjadi sekarang ini adalah perubahan (change) yang berjalan sangat pesat.

“Sesuatu yang mungkin tidak disadari perusahaan adalah bahwa ketika sesuatu berubah secara cepat, banyak detail yang akan kita lewatkan. Untuk itulah, untuk setiap perubahan yang terjadi, perusahaan, khususnya departemen HRD harus mampu untuk melakukan tiga hal, anticipate, adapt, dan amplify,” jelasnya.

Mengenai faktor apa yang mempengaruhi perubahan tersebut, Suryo menambahkan, terdapat lima pendorong yang mempengaruhinya, diantaranya; globalisasi, demografi, society, technology dan energi. Masing-masing memiliki impact yang besar terhadap perubahan tersebut.

Setelah mengetahui tantangan dan faktor penentu perubahan tersebut, maka penting bagi Manager SDM untuk mengerti strategi seperti apa yang tepat diterapkan untuk menghadapi tantangan tersebut. Suryo pun berbagi tips.

Pertama, langkah tepat yang dapat dilakukan oleh Departemen HR adalah Connect. “Untuk sampai kepada connect, maka early engagement, building online community, nurturing brand perlu dilakukan,” imbuh Suryo.

Kedua, setiap praktisi HRD juga harus menjalankan sesuatu yang dinamakan nurture. Cara melakukannya adalah dengan memberikan fasilitas yang memadai, menyediakan otonomi dalam bekerja, melakukan performance review, cultivate progress, dan menciptakan rasa untuk menggapai tujuan tertentu. “Orang kerja itu tidak semata-mata kerja, but you need to create a sense of purpose,” tegas Suryo di akhir sesi. (TW)

Tags: ,