Talent Pool Sebaiknya Optional dan Tidak Obral Janji

Iklim kompetisi yang makin ketat dan perubahan yang kian cepat telah mengubah pendekatan yang dilakukan perusahaan dalam mengelola sumber daya manusianya. Dalam hal suksesi misalnya, cara-cara tradisional yang hanya melihat ke bawah kini mulai ditinggalkan dan digantikan dengan apa yang disebut acceleration pool.

Menurut Direktur Daya Dimensi Indonesia (DDI) Rini Maramis, dengan acceleration pool, suksesi dalam struktur organisasi sebuah perusahaan tidak hanya berjalan secara vertikal, namun dimungkinkan juga secara horisontal dan lintas area-area yang berbeda.

“Acceleration pool adalah proses untuk menyiapkan orang-orang tertentu untuk mengisi posisi yang diperlukan suatu saat. Mereka dikumpulkan dalam suatu wadah bernama talent pool,” jelas Rini dalam acara Executive Breakfast Gathering di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (1/11/07).

Rini menegaskan, program talent pool sebaiknya tidak bersifat memaksa. Sebab, tidak semua karyawan memiliki harapan dan keinginan yang sama. “Bagi yang memang mengejar karir sih tidak ada masalah, tapi bagaimana dengan mereka yang punya prioritas lain, misalnya keluarga…jadi hendaknya optional,” saran dia.

Selain optional, Rini menambahkan, talent pool juga bukanlah “program obral janji” dimana perusahaan menjanjikan jabatan tertentu yang lebih tinggi kepada karyawan potensial. Hanya saja, dia menyarankan, karyawan yang bersangkutan sebaiknya diberi tahu bahwa dia adalah talent yang dipersiapkan untuk suksesi.

“Intinya, agar program talent pool berjalan lancar, harus dikomunikasikan secara tepat,” ujar Rini. Selain itu, untuk memastikan suksesnya talent pool, perusahaan juga harus memperhatikan hal-hal lain seperti ketersediaan skill, siapa yang bertanggung jawab, keselarasan dengan program-program HR lain dan kejelasan ukuran.

Executive Breakfast Gathering merupakan forum pertemuan yang diadakan oleh Oracle dan didukung oleh DDI, Multi Talent Indonesia (MTI) dan PortalHR.com serta Majalah Human Capital. Kali ini mengangkat tema penting Talent Management Solutions.

Menurut Senior Consultant Oracle Corp. ASEAN Dominic Chia, saat ini sumber-sumber daya perusahaan telah bergeser dari aset-set yang tangible ke intangible. Pertumbuhan dan inovasi menjadi kata kunci prioritas kaum eksekutif. Dan, perubahan-perubahan itu pada akhirnya berpengaruh juga pada tuntutan CEO terhadap HR.

Dalam konteks semacam itulah, tandas Dominic, talent management menjadi penting untuk meng-attract, me-retain dan meng-engage karyawan terbaik. Dalam kesempatan tersebut tampil juga VP HR BNI Lies Purwani yang berbagi pengalaman dalam mempraktikkan talent management, termasuk talent pool di bank tempatnya bekerja.

Tags: