Tak Ada Lagi yang Bisa Lari dari Kantor

Banyak orang barangkali tak begitu menyadari bahwa perkembangan teknologi komunikasi dewasa ini telah mengubah seluruh aspek kehidupan manusia, termasuk dalam hal bekerja. Berkat telepon dan komputer yang bisa dibawa ke mana-mana, kini 9 dari 10 eksekutif merasa tetap bekerja walaupun mereka sedang berada di luar kantor dan di luar jam kerja.

Jarak panjang yang dulu membatasi secara tegas antara kerja dan kehidupan pribadi telah menciut, dan hal itu digaribawahi oleh sebuah survei baru yang dilakukan oleh ExecuNet, jaringan perekrutan eksekutif di Amerika Serikat.

Menurut survei yang melibatkan 155 orang eksekutif tersebut, 6 dari 10 berharap dapat dihubungi ketika berada di luar jam kerja. Selebihnya, 3 dari 10 mengatakan bahwa meskipun “bekerja” di luar jam kantor dan pada akhir pekan tidak diwajibkan, namun mereka memastikan siap.

“Teknologi telah memungkinkan para eksekutif untuk tetap produktif ketika berada di luar, sekaligus menjaga hubungan mereka dengan kantor setiap saat,” ujar CEO ExecuNet Dave Opton seperti dilaporkan management-issues.com.

Namun, Opton mengingatkan, semua itu bukannya tidak meninggalkan masalah. “Banyak profesional kini merasa terombang-ambing; di satu sisi, bisa bekerja setiap saat berkat kemajuan teknologi memungkinkan mereka menambah perolehan benefit dari kantor. Namun, di sisi lain, mereka kembali dihadapkan pada tuntutan akan keseimbangan kerja dan hidup.”

Dua pertiga dari eksekutif yang disurvei mengatakan, mereka tetap bekerja secara terkendali di luar jam kantor. Mereka ini menghabiskan rata-rata 11,4 jam seminggu melakukan kegiatan yang berkaitan dengan tugas bisnis di luar kantor.

Kendati demikian, opini terpecah ketika sampai pada pertanyaan, apakah peralatan teknologi komunikasi yang canggih itu memperbaiki atau merusak keseimbangan kerja dan hidup. Lebih dari separo (56%) percaya bahwa semua itu memperbaiki kehidupan mereka. Sementara, sisanya (44%) merasa bahwa alat-alat tersebut hanya memperbesar ketidakseimbangan (antara kerja dan hidup) yang sebelumnya telah tercipta.

Tags: ,