Tahun ini Intel Akan Pangkas 5.000 Karyawan

Tahun 2014, Intel berencana untuk memangkas sekitar 5.000 karyawannya, atau setara dengan 5% dari total keseluruhan karyawan. Pemangkasan tersebut, menurut juru bicara resmi perusahaan yang tidak ingin disebut namanya, merupakan langkah untuk berubah seiring waktu.

Dilansir dari New York Time, pemangkasan ini menyiratkan sebuah kinerja yang kurang baik oleh Intel akhir-akhir ini. Perusahaan yang berjaya lewat produk elemen-elemen komputer ini gagal mengantisipasi kemunculan tablet dan smartphone di antara Personal Computer (PC). Brian M. Krzanich, CEO Intel sejak pertengahan 2013, mengaku bahwa Intel telah membuat kekeliruan. Mereka terlalu terburu-buru mengeluarkan versi teranyar chip untuk PC mereka ke pasaran.

Saat ini, Intel juga tengah berusaha memproduksi chip low-power yang dapat digunakan pada tablet dan smartphone. Dan tentunya, masih terus berjibaku dengan chip baru untuk kebutuhan PC. Revenue yang dihasilkan dari divisi PC memang masih sangat krusial bagi Intel. Pada tahun 2013, Intel menghasilkan 33 milyar USD dari divisi personal computer, turun 4% dari tahun 2012. Meski turun, jumlah tersebut berkontribusi hampir 2/3 dari keseluruhan pendapatan.

Total revenue Intel pada tahun 2014 diperkirakan akan flat atau tidak banyak perubahan. Bahkan mungkin profit margin menjadi semakin mengecil. Intel memerlukan lahan baru untuk menaruh chip-chip buatan mereka. Dalam wawancara dengan New York Time, Stacy J. Smith, CFO dari Intel mengatakan bahwa Intel akan memproduksi chip versi low-power yang bisa digunakan untuk tablet. Dan itu adalah sebuah langkah besar untuk meningkatkan performa Intel.

Pada akhirnya, Intel mengatakan bahwa pemangkasan jumlah karyawan tersebut adalah bentuk pengalihan sumber daya untuk mengembangkan lini bisnisnya. Dengan begitu, Intel masih bisa duduk berjajar dengan perusahaan kelas dunia lainnya di Wall Street.

Tags: