Tahun 2011 Ditargetkan Terbuka 2,52 Juta Lapangan Kerja

Tahun 2011 ditargetkan tercipta 2,52 juta lapangan kerja baru. Untuk mencapai target itu, pertumbuhan ekonomi tahun depan ditargetkan 6,3 persen. Dengan demikian, diharapkan pengangguran terbuka dapat ditekan menjadi 7 persen dari 8 persen tahun ini.

Menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana di Jakarta, Selasa (15/6), target penciptaan lapangan kerja itu dengan asumsi setiap 1 persen pertumbuhan ekonomi dapat menciptakan 400.000 lapangan kerja baru.
”Itu sasaran yang paling rasional,” kata Armida yang hadir dalam Rapat Kerja Badan Anggaran DPR dengan agenda pengambilan keputusan tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2011.

Antisipasi

Dalam kesempatan yang sama Menteri Keuangan Agus Martowarodjo mengungkapkan, batas bawah target pertumbuhan ekonomi RAPBN 2011 diturunkan, yaitu menjadi 6,1 persen untuk mengantisipasi dampak krisis ekonomi di Uni Eropa. ”Dampak krisis di Eropa bisa sedikit menahan pertumbuhan ekonomi,” kata dia.

Sementara itu, dalam laporan tertulisnya, ekonom Danareksa Research Institute Purbaya Yudhi Sadewa berpendapat, tahun 2010 dan 2011 kondisi perekonomian dunia diperkirakan membaik. Dan, Indonesia akan memasuki fase ekspansi, yang diperkirakan dapat berlangsung hingga 2016.

Tags: ,