Survei LinkedIn: Profesional Belanda Paling Happy Sedunia

Bersyukur memiliki pekerjaan hingga saat ini, rupanya menjadi berkah bagi para professional utamanya di tengah masa sulit akibat krisis global. Inilah temuan menonjol dari survey yang baru dilakukan oleh LinkedIn.

LinkedIn, jaringan profesional terbesar di dunia dengan lebih dari 135 juta anggota di seluruh dunia, pertengahan bulan ini merilis data tentang ambisi karir profesional global dan kepuasan dengan pekerjaan mereka saat ini. Hasil survei ini telah dipresentasikan saat “Texas Conference for Women” berlangsung, yakni konferensi perempuan terbesar di negara bagian yang dihadiri lebih dari 6.000 peserta. LinkedIn sendiri menjadi sponsor konferensi koneksi eksklusif tersebut dan menempatkan Nicole Williams, LinkedIn’s Connection Director sebagai pembicara pada acara tersebut.

Dalam survei ini, LinkedIn telah meminta pendapat kepada lebih dari 12.000 profesional dan menemukan bahwa 63% profesional di seluruh dunia mengatakan bahwa mereka “happy” atau “very happy” dengan pekerjaan mereka saat ini. Hasilnya:

1)      Profesional di Belanda berada di peringkat sebagai yang paling bahagia. Sebanyak 80% dari profesional di Belanda mengatakan mereka “happy” atau “very happy” dengan pekerjaan mereka saat ini.

2)     Profesional Jepang peringkat terbawah dengan hanya 31 persen dari profesional di negara itu menyatakan mereka “happy” atau “very happy” dengan pekerjaan mereka saat ini.

3)     Enam puluh enam persen dari profesional di Amerika Serikat mengatakan mereka “happy” atau “very happy” dengan pekerjaan mereka saat ini, menempatkan AS di tempat keenam.

“Sebagai dampak dari ekonomi yang sulit karena krisis ternyata dapat membuat profesional kini lebih menghargai aspek dari pekerjaan mereka, di mana hal ini tidak terjadi ketika bisnis sedang booming,” kata Williams sambil melanjutkan, “mungkin Anda tidak mendapatkan kenaikan gaji yang Anda inginkan tahun ini, tetapi Anda akan menghargai bagaimana seorang manajer atau atasan telah membantu Anda tumbuh dalam karir Anda.”

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa sebagian besar profesional memiliki pandangan yang penuh harapan tentang masa depan mereka dengan perusahaan mereka saat ini. Lima puluh dua persen dari responden global yang sepakat bahwa jika mereka bekerja keras dan menunjukkan hasil, mereka memiliki kesempatan yang lebih baik untuk maju dalam perusahaan mereka. Dalam hal ini:

1)      Profesional di Brasil menduduki peringkat sebagai yang paling optimis. Enam puluh tiga persen dari para profesional di Brazil mengatakan bahwa jika mereka bekerja keras dan menunjukkan hasil, mereka memiliki kesempatan yang baik untuk maju dalam perusahaan mereka.

2)     Profesional Spanyol paling pesimis dengan hanya 44 persen dari profesional di negara itu menyetujui bahwa jika mereka bekerja keras dan menunjukkan hasil, mereka memiliki kesempatan yang baik untuk maju dalam perusahaan mereka.

3)     Amerika Serikat sendiri berada di posisi ketujuh. Lima puluh dua persen dari profesional di AS mengatakan mereka percaya bahwa jika mereka bekerja keras dan menunjukkan hasil, mereka memiliki kesempatan yang baik untuk maju dalam perusahaan mereka.

Survei tersebut juga menjaring tujuh ambisi karir yang berbeda dan meminta profesional untuk memilih mana yang menjadi prioritas mereka. Dalam hal ini responden dapat memilih lebih dari satu pilihan. Hasilnya, pilihan teratas adalah “career ambition for professionals globally is getting promoted”, sedangkan di Amerika Serikat sendiri 3 besar pilihannya adalah: 1) get promoted, 2) I’m happy where I am, dan 3) Retire early. Bagaimana dengan Anda di Indonesia? (rudi@portalhr.com)

 

Tags: , ,