Steve Jobs Resign dari Apple, digantikan Tim Cook

stevejobs

Berita ini memang cukup mengagetkan. Steve Jobs, akhirnya benar-benar mengundurkan diri dari jabatan CEO Apple. Steve secara resmi telah mengajukan surat resign.

Bos Apple, perusahaan yang kini banyak diperbincangkan karena produk-produknya seperti iPhone dan iPad, secara resmi mundur dari jabatannya sebagai CEO. Tidak dijelaskan secara spesifik, apa gerangan alasan Steve mundur. Tapi banyak pihak meyakini Steve mundur karena kondisi fisiknya yang sering sakit. Steve diketahui menjalani perawatan transplantasi hati akibat sakit kanker pankreas.

“Saya selalu menyatakan jika akan datang hari dimana saya tidak lagi bisa menjalankan tugas dan harapan sebagai CEO Apple, saya pasti akan memberi tahu kalian sebagai yang pertama. Dan kini, hari itu telah datang,” tulis Steve dalam surat resign-nya, seperti dikutip the Guardian (25/8/2011).

Di suratnya Steve menyatakan mengundurkan diri sebagai CEO Apple, namun jika masih dibutuhkan ia pun mengaku siap kalau harus menjadi karyawan Apple lagi. Atas surat pengunduran Steve ini, jajaran direksi langsung merespon dan mengambil keputusan cepat dengan mengangkat Steve Jobs sebagai Chairman of the Board Apple.

“Visi yang luar biasa dan kepemimpinan Steve akan menjadi catatan penting Apple dan ia telah memandu perusahaan ini ke posisinya sebagai perusahaan teknologi paling inovatif dan berharga di dunia,” kata Art Levinson, Chairman Genentech, atas nama Dewan Direksi Apple.

“Steve telah membuat kontribusi yang tak terhitung jumlahnya untuk keberhasilan Apple, dan dia telah memberikan inspirasi bagi segenap karyawan Apple maupun para eksekutif dunia. Dalam peran barunya sebagai Chairman of the Board Apple, Steve akan terus melayani Apple dengan wawasan yang unik, kreativitas dan inspirasi,” terang Art lagi.

Selanjutnya, posisi CEO Apple akan digantikan oleh Tim Cook, yang sebelumnya menjabat sebagai Chief Operation Office Apple. Keputusan ini sesuai dengan apa yang direkomendasikan Steve Jobs pada surat pengunduran dirinya.

“Jajaran direksi memiliki kepercayaan tinggi kepada Tim Cook bahwa ia merupakan orang yang tepat untuk menjadi CEO kami berikutnya,” ujar Art. Art juga menambahkan, Tim sudah 13 tahun mengabdi di Apple. “Tim telah menorehkan performa yang luar biasa sekaligus menunjukkan talenta dan upaya brilian dari apa yang ia kerjakan,” tuturnya.

Tags: ,