Situasi Makin Buruk bagi Lulusan Baru

Jumlah orang yang menganggur di Inggris bertambah 30 ribu, menjadi 2,46 juta. Kendati terbilang cukup drastis, kenaikan tersebut masih tergolong yang terkecil sejak Mei 2008.
Data dari Kantor Statistik Nasional mengungkapkan bahwa tingkat pengangguran meningkat 7,8 persen dari Juli hingga September 2009. Tingkat pengangguran saat ini tercatat 72,5%.
Khusus untuk angka pengangguran di kalangan anak muda, peningkatannya terus mengejutkan, dan mencatatkan rekor tertinggi yakni 19,8%. Orang menganggur berusia 16 hingga 24 tahun bertambah 15 ribu, menjadi 943 ribu.
CEO Association of Graduate Recruiters Carl Gilleard mengatakan, "Data-data pengangguran saat ini sangat mengkhawatirkan. Kita tahu bahwa jumlah lowongan untuk lulusan baru sedikit sekali tahun ini dan situasinya memang buruk bagi mereka."
Kendati demikian, menurut Gilleard, masih ada optimisme bagi kalangan perekrut lulusan baru bahwa situasi akan membaik. "Memang terlalu dini mengatakan apakan pada 2010 akan membaik, tapi masih ada harapan ke depan," ujar dia.
"Kami melihat satu dari empat lowongan untuk lulusan baru menghilang tahun ini dan butuh waktu untuk memilihkannya seperti kondisi sebelum 2008," tambah Gilleard.
Data statistik menyebutkan, jumlah lowongan selama 3 bulan hingga Oktober 2009 sebesar 428,000.
Associate Director pada Institute for Employment Studies John Atkinson menyarankan agar perusahaan menerapkan strategi yang tidak menambah angka pengangguran. Yakni, dengan tetap mempertahankan jumlah karyawan yang ada sambil mengurangi hari kerja atau menunda kenaikan gaji.