Simbiosis Bisnis dan Kampus Belum Terlihat

Wakil Presiden Boediono menilai simbiosis atau hubungan antara kebutuhan bisnis praktis dengan apa yang dihasilkan perguruan tinggi di Indonesia belum terlihat.

Di banyak negara lain, Wapres membandingkan, apa yang dihasilkan oleh perguruan tinggi bisa terhubung dengan kebutuhan bisnis, sehingga peran dan fungsi perguruan tinggi benar-benar teraplikasi di lapangan.

"Simbiosis antara bisnis dengan perguruan tinggi di negara kita belum terlihat, seperti yang kita lihat diberbagai negara," kata Boediono dalama acara pembukaan IKA-ITS Business Summit 2010 di Pacific Place, Jakarta, pekan lalu.

Boediono menambahkan, dari permasalahan tersebut peranan alumni kampus sangat penting untuk bisa menghubungkan dua hal tadi. Salah satunya adalah mendorong pengembangan wirausaha.

Pengalaman membuktikan, lanjut Boediono, perpaduan antara kewirausahaan dan teknologi yang selama ini identik dengan perguruan tinggi menghasilkan sebuah kelompok yang biasa disebut sabagai industrialis. Kelompok ini berdiri sendiri, di luar dari kelompok ekonomi lainnya seperti pedagang maupun bankir.

"Secara statistik jumlah wirausaha kita yang bisa bersaing di regional dan internasional jumlahnya masih sedikit," kata dia sambil sekali lagi menegaskan pentingnya peranan ikatan alumni perguruan tinggi untuk menjawab tantangan-tangan tersebut.