Siapa yang Naik Gaji Terbanyak Tahun Ini?

Para profesional yang selalu memperkaya pengalamannya memang selalu menjadi figur yang layak menerima gaji tertinggi tahun ini. Setidaknya itulah laporan terbaru Tower Watson, sebuah perusahaan jasa atau konsultan HR Professional mengenai kenaikan gaji di tahun 2012.

Laporan itu diperkuat dari rata-rata kenaikan gaji staff administrasi dan karyawan yang baru bekerja stagnan di tahun 2012 karena kenaikan tahunan yang dibatalkan karena inflasi yang tinggi. Sementara para profesional yang berpengalaman menikmati rata-rata kenaikan gaji sebesar 6%, menurut laporan Tower Watson tersebut.

Laporan yang diambil dari Laporan Perencanaan remunerasi 50 top global itu mengacu kepada rincian pembayaran dari masing-masing tingkat kerja, mengikuti peranan yang berlaku di publik sehingga bisa langsung diperbandingkan jumlahnya.

Berdasarkan laporan itu, ditemukan pekerja administrasi dan karyawan yang baru masuk mengalami kenaikan gaji rata-rata 0%, sekurangnya hanya 1% peningkatan gaji di Inggris untuk mereka. Hal itu merujuk kepada pemotongan gaji yang harus diterima oleh mereka sebesar 2,8% dan 1,9% untuk pembayaran akibat inflasi.

Sedangkan karyawan yang lebih senior seperti level profesional atau eksekutif menerima kenaikan gaji yang lebih besar yaitu rata-rata 6% atau lebih dari 3% di atas inflasi.

Tren itu tidak berlaku di level atas perusahaan, laporan itu mengklaim bahwa kenaikan gaji pada level middle manajemen hanya bergerak di bawah 2% bahkan mendekati 1%.

Darryl Davis, konsultan senior pada divisi data servis Tower Watson mengatakan, “Pola yang muncul di Inggris dalam 12 bulan terakhir menunjukkan  gaji pokok bergerak naik pada level bawah perusahaan, sedangkan di level atas cenderung tidak bergerak, sementara yang menyenangkan pada level menengah kenaikannya lebih baik daripada top level perusahaan.”

“Tidak heran jika banyak perusahaan menekan biaya bonus akhir tahun dan bahkan banyak perusahaan memilih menggunakannya untuk memberi reward kepada mereka yang benar-benar menghasilkan nilai tambah bagi perusahaan, daripada dibagi rata ke seluruh karyawan di perusahaan,” ujarnya.

Davis menambahkan, ”Menariknya, kenaikan gaji tidak berbanding lurus dengan kenaikan level senioritas. Maka kenaikan gaji pokok untuk manajer level menengah yang berada di bawah inflasi tetap bisa meningkat dengan bonus tambahan disesuaikan dengan total reward yang diberikan perusahaan untuk karyawan di masing-maisng level.”

Bagaimana dengan kenaikan gaji di Indonesia? Tunggu liputan kami selanjutnya.

Tags: