Siapa Yang Membayar Training Karyawan?

tabel who pays for training

Penasaran siapa yang membayar biaya training karyawan? Apakah sebagian besar training disponsori perusahaan atau dibiayai sendiri oleh karyawan? Hasil riset dari Cegos Asia Pasific baru-baru ini menjawab semua pertanyaan itu.

Survei terhadap 2,639 karyawan di 9 negara Asia Pasifik itu menemukan: 55% training di seluruh Asia Pasifik dibiayai sepenuhnya oleh perusahaan. Hal ini berbeda dengan di Eropa di mana 58% karyawan di Eropa bersedia membayar sendiri semua biaya untuk training.

Temuan yang cukup menggembirakan adalah adanya 10% responden Asia Pasifik yang bersedia membayar sendiri biaya training. Hal ini setidaknya menunjukkan peningkatan komitmen terhadap pengembangan diri.

Selain itu, terdapat beberapa sumber pembiayaan training yang lain, yaitu 18% training karyawan dibiayai oleh pemerintah,  sementara 14% merupakan campuran dari perusahaan, karyawan, dan pemerintah.

Indonesia dibanding negara-negara lain

Bagaimana dengan Indonesia? Hasil temuan terhadap responden Indonesia cukup menggembirakan, dimana terdapat 10% responden yang bersedia membayar sendiri biaya training. Namun hal ini lebih rendah apabila dibandingkan dengan beberapa negara lain, seperti Malaysia (16%) dan India (26%).

Apabila dibandingkan dengan China dan Singapura, lebih banyak karyawan di Indonesia yang bersedia membayar sendiri biaya trainingnya. Tidak mengherankan untuk negara-negara dimana organisasi membayar sebagian besar training karyawannya, hanya sangat sedikit karyawan yang membayar sendiri biaya training (China 2% dan Singapura 8%).

Menarik dicermati bahwa di beberapa negara peran pemerintah sangat kuat dalam pembiayaan training karyawan. Contohnya: Australia (37%), Malaysia (34%) dan Indonesia (25%).

Riset yang dilakukan oleh Cegos Group bekerja sama dengan STADA (Singapore Training and Development Association) itu melibatkan responden dari Singapura, China, India, Indonesia, Malaysia, Hong Kong, Korea Selatan, Jepang, dan Australia. (*/@mei168)

Tags: , , , ,