Siapa Tim Cook, Pengganti Steve Jobs?

Tim-Cook-007

Ketika berita tentang pengunduran diri Steve Jobs heboh di Twitter pagi ini, yang menjadi trending topics di Twitter bukanlah “Steve Jobs”, tetapi “Tim Cook” dan “CEO of Apple.” Siapa Tim Cook yang menjadi pengganti Steve Jobs sebagai CEO Apple itu?

Seperti dikutip dari Guardian, “Steve Jobs is a showman but Cook specialises in making day-to-day business work.”

Banyak pihak menduga sudah lama Tim Cook sebenarnya sudah memimpin Apple pada saat kesehatan Steve Jobs mulai menurun. Jadi pergantian hari ini hanyalah formalitas saja.

Tim Cook sang Chief Operations Officer bergabung dengan Apple sejak Maret 1998, ditawari bergabung di sana oleh Steve Jobs sendiri. Sebelumnya dia bekerja di Compaq yang pada saat itu adalah salah satu kekuatan terbesar PC Windows. Sebelum di Compaq, Tim adalah orang IBM, salah satu raksasa pembuat PC berbasis Windows juga.

Spesialisasinya adalah mendapatkan jaringan supply — proses yang terdiri dari mendapatkan materi yang tepat pada tempat yang tepat pada saat yang tepat.

Cook adalah lulusan Universitas Auburn, menyandang gelar sarjana teknik industri pada tahun 1982, lalu melanjutkan MBA. Setelah itu dia masuk ke industri pembuatan komputer hingga saat ini (umur 50 tahun).

Ketika pertama masuk Apple, dia menemukan ada masalah pada jaringan supply, karena adanya ketidakseragaman model, parts-parts yang tidak kompatibel, dan organisasi yang buruk. Cook mengubah banyak hal di Apple sehingga Apple mengungguli Dell, yang saat itu adalah perusahaan paling efisien di bisnis pembuat PC untuk level stok terbatas.

Lahir di Alabama, pria yang suka kegiatan outdoor ini bukan seorang yang “di atas pentas” seperti Jobs. Dia disebut Guardian sebagai orang yang sukses membuat day-to-day business berjalan. Tetapi Apple adalah perusahaan yang membutuhkan seseorang dengan visi besar. Mari kita lihat bagaimana kiprah Cook selanjutnya.

(Foto diambil dari The Guardian)

Tags: