Siapa itu ikon Yahoo, Jerry Yang?

Jerry Filo

TIDAK ada yang istimewa dari keluarga Jerry Yang. Keluarga ini seperti layaknya keluarga lain yang mengadu peruntungannya di dream-land, Amerika Serikat. Jerry Yang sendiri lahir di Taipei, Taiwan pada tanggal 6 November 1968.

Keluarga Jerry Yang pindah ke San Jose, California saat ia berusia sepuluh tahun bersama dengan ibunya dan seorang adik. Ayahnya meninggal ketika Yang berumur dua tahun. Uniknya, Yang mengakui bahwa meskipun ibunya menjadi seorang guru bahasa Inggris, ia hanya tahu satu kata dalam bahasa Inggris, yaitu sepatu pada saat kedatangan di California. Berkat kegigihannya, Yang menjadi fasih berbahasa Inggris dalam tiga tahun, yang ia kemudian ditempatkan dalam sebuah AP (advance placement program) kelas bahasa Inggris.

Yang lulus dari Sekolah Menengah Sierramont dan Sekolah Tinggi Piedmont Hills. Kemudian Yang melanjutkan studinya untuk mengejar gelar Bachelor of Science dan Master of Science di bidang teknik listrik dari Universitas Stanford, di mana ia menjadi anggota persaudaraan Phi Kappa Psi.

Di saat ia menuntut ilmu di Teknik Elektro di Stanford inilah, Yang bersama dengan David Filo, pada bulan April 1994, membuat sebuah situs Internet yang disebut “Jerry and Dave’s Guide to the World Wide Web” yang terdiri dari sebuah direktori situs-situs lain.

Waktu itu diberi nama “Yahoo!”, dengan tanda seru. Meskipun banyak orang menganggap Yahoo sebagai backronym dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle“, tetapi Yang dan Filo bersikukuh bahwa alasan mereka memilih nama tersebut lebih karena memang suka saja terhadap definisi umum yahoo: “kasar, ringkas, tidak terurus”.

Yahoo! kemudian menjadi sangat populer. Di saat itulah, Yang dan Filo menyadari potensi bisnis internetnya, sehingga setahun kemudian mereka sepakat mendirikan Yahoo! Inc pada April 1995. Bisnis Yahoo! dimulai dari sebuah portal web dengan direktori web yang menyediakan berbagai pilihan produk dan jasa untuk kegiatan online.

Sekarang Yahoo menjadi salah satu merek internet terkemuka, sangat kuat kemitraannya dengan perusahaan telekomunikasi, serta memiliki jaringan yang paling diperhitungkan di bisnis internet. Yahoo juga merupakan salah satu situs internet terkemuka yang mempunyai jaringan trafik tertinggi di jagad internet.

Pada tahun 1999, nama Jerry Yang masuk ke dalam MIT (Massachusetts Institute of Technology) Technology Review TR100 sebagai salah satu dari 100 inovator di dunia berusia di bawah usia 35.

Pada 17 November 2008, The Wall Street Journal melaporkan Jerry Yang akan mengundurkan diri sebagai CEO, segera setelah perusahaan menemukan pengganti. Dia telah dikritik oleh banyak investor, karena tidak mampu meningkatkan pendapatan dan mengatrol harga saham Yahoo! di lantai bursa.

Pada tanggal 13 Januari 2009, Yahoo! menunjuk veteran Silicon Valley bernama Carol Bartz sebagai chief eksekutif baru, efektif menggantikan Yang. Yang lantas kembali menempati posisinya sebagai mantan “Chief Yahoo” namun masih tetap di papan direksi Yahoo!.

Pada tanggal 17 Januari 2012, Yahoo! resmi mengumumkan bahwa Jerry Yang akan meninggalkan perusahaan, dan akan mengundurkan diri dari papan board untuk semua posisi di semua afiliasi perusahaan, termasuk di Yahoo! Jepang dan Alibaba Corp. (@erkoes)

Baca juga: Yahoo Ditinggalkan Ikonnya, Jerry Yang dan Inilah Surat Resign Jerry Yang

Tags: