Shell Pangkas 5000 Karyawan

Tahun 2009 sebentar lagi berakhir dan banyak perusahaan masih bergelut dengan dampak krisis global. Tak terkecuali perusahan besar semacam Shell. Raksasa minyak yang berpusat di Belanda ini memastikan akan memangkas 5000 orang karyawannya akhir tahun ini.
Pemangkasan dalam jumlah yang cukup besar itu merupakan bagian dari program penghematan biaya. Menurut CEO Shell Peter Voser, pihaknya sejak awal tahun ini telah mengambil langkah "Transisi 2009".
Program tersebut berhasil dengan baik, dan akan ditindaklanjuti dalam dua bulan terakhir tahun ini.
"Sekitar 5000 karyawan akan meninggalkan Shell sebagai hasil dari program perubahan itu. Angka tersebut merepresentasikan 10 pesen pengurangan karyawan dalam rangka desain ulang divisi-divisi yang ada, serta fungsi-fungsi dalam perusahaan," jelas dia.
Pemangkasan karyawan tidak hanya terjadi di tingkat bawah melainkan juga pada level manajemen senior. Lebih dari separo pemangkasan karyawan tersebut akan terjadi di kantor-kantor cabang Shell di Inggris, AS dan Belanda sendiri.
Di Inggris, Shell mempekerjakan sekitar 8500 karyawan. Shell ada di lebih dari 100 negara dengan total jumlah karyawan mencapai 102 ribu orang.

Tags: