Setiap Warga Negara Akan Mendapat 5 Asuransi Sosial

Pembentukan badan asuransi sosial mulai dibahas pemerintah. Badan Pengawas Pasar Modal-Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) saat ini tengah merampungkan program implementasi Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

Jika hal itu dapat diwujudkan maka seluruh masyarakat nantinya akan mendapatkan 5 program SJSN berupa jaminan kesehatan, jaminan kematian, jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua dan jaminan pensiun.

Kepala Biro Perasuransian Bapepam-LK Isa Rachmatarwata mengatakan pihaknya telah menyelesaikan penyusunan “white paper” mengenai kerangka strategis untuk desain program tata kelola dan administrasi SJSN.

“White paper telah diselesaikan, akan dibawa ke Ketua Bapepam-LK untuk kemudian dilanjutkan ke Menteri Keuangan,” ujar Isa dalam workshop Implementasi Sistem Jaminan Sosial Nasional di Gedung Bapepam-LK, Jakarta, Selasa (8/6/2010).

Ditegaskan, UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang SJSN merupakan tonggak sejarah dimulainya reformasi menyeluruh sistem jaminan sosial di Indonesia.

“Reformasi program jaminan sosial yang berlaku saat ini penting karena peraturan pelaksanaan yang berlaku masih bersifat parsial dan tumpang tindih, manfaat program belum optimal dan jangkauan program yang terbatas, serta hanya menyentuh sebagian kecil masyarakat,” kata dia seperti dilaporkan Detikcom.

Ditempat yang sama, Anggota Penyusun Draf UU SJSN Hasbullah Thabrany menuturkan, Rancangan Undang-Undang mengenai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang menjadi hak inisiatif DPR telah selesai.

“DPR melalui Komisi IX telah menyelesaikan RUU BPJS yang nantinya ada sebuah lembaga yang akan bertanggung jawab untuk mengurus program-program jaminan sosial nasional,” ujar Mantan Dekan Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia itu.