Setiap Karyawan Bertanggung Jawab atas Kariernya Sendiri

Kemajuan karier seseorang tidak tergantung pada manajer atau atasannya, melainkan merupakan tanggung jawab masing-masing. Oleh karenanya, untuk menjadi yang terbaik atau nomer satu, setiap individu karyawan perlu melakukan refleksi atas perjalanan kariernya dari waktu ke waktu.

Demikian benang merah yang bisa ditarik dari workshop Be the Best for Your Company yang digelar oleh Majalah Human Capital di Hotel Manhattan, Jakarta, Kamis (16/4/09).
Menurut Konsultan SDM dari GM Consultant Widodo Aryanto, karier seratus persen merupakan tanggung jawab masing-masing karyawan. “Apakah kalau karier kita mandek, itu karena manajer nggak suka sama kita?” tanya dia retoris. “Nggak juga, semua kembali pada kita,” lanjut dia menjawab sendiri pertanyaannya.

Untuk menjadi yang terbaik, menurut penulis buku “Menjadi Karyawan No.1” itu, seorang karyawan harus bisa mengindari tiga hal. Yakni, takut, tidak yakin dan ragu. Lebih jauh Widodo mengungkapkan, pada umumnya karyawan merasa termotivasi dan bersemangat pada masa-masa awal karier mereka. “Tiga bulan pertama biasanya bertekad untuk menjadi yang terbaik di perusahaan,” ujar dia.

Namun, lanjut dia, setelah 3 hingga 6 bulan, semangat karyawan mulai menurun.”Jika itu terjadi, jangan menunjuk pihak lain, tapi refleksikan,” saran Widodo. Pembicara lain, Chief of Corporate Human Capital pada Tudung Group/Garuda Food Andre V Wenas menegaskan, setiap karyawan perlu memiliki momen-momen refleksi bagi dirinya sendiri, di luar kesibukan bersosialisasi dan membangun networking.

“Ketika kita merefleksikan perjalanan karier kita, kita akan menemukan sebuah pola, cermati itu, kapan Anda bagus dan dalam hal apa. Jangan sibuk mencari kekurangan diri tapi cari kelebihan kita,” ujar dia. Sebagai petinggi HR, Andre mengingatkan, ada tiga hal yang diinginkan setiap perusahaan dari para karyawannya. Yakni, sikap yang baik, keterampilan yang memadai dan kemampuan untuk menyerap pengetahuan. Dan, untuk menjadi yang nomer satu, Andre manyarankan agar setiap karyawan berpikir, berharap dan melakukan hanya yang terbaik.

Tags: ,