Seperlima Karyawan Tingkatkan Pendapatan Lewat Hobi

Satu dari 5 karyawan yang disurvei di Inggris mencari tambahan penghasilan dengan menekuni hobi yang bisa menghasilkan uang. Menariknya, mereka melakukannya saat jam kerja formal di kantor.
Survei yang dilakukan oleh bank milik pemerintah, National Savings and Investments (NS&I) tersebut memperlihatkan bahwa karyawan di Inggris secara kolektif menghasilkan 26,5 miliar poundsterling setiap tahun dari aktivitas-aktivitas usaha di luar pekerjaan.
Masing-masing anggota dari “populasi-penghasil-uang-lewat-hobi” tersebut rata-rata menghabiskan waktu 11 jam per minggu untuk aktivitas usaha mereka.
Hampir 4 dari 10 dengan jujur mengakui telah menggunakan jam kerja untuk menjalankan hobi mereka yang menghasilkan uang itu. Sementara, seperlima menyatakan bahwa kepentingan tersebut telah mempengaruhi hubungan-hubungan personal.
Dilaporkan, setiap orang yang menekuni hobi-berduit rata-rata meraup 3511 poundsterling per tahun dari hobi mereka.
“Collecting” dan “trading” merupakan aktivitas di luar pekerjaan yang paling menghasilkan uang, disusul kemudian IT, musik, seni dan kerajinan serta menulis.
Hampir sepertiga dari mereka yang menekuni hobi-berduit tertentu mengaku menginvestasikan hasilnya dengan menabung.
Konsultan senior untuk strategi menabung pada NS&I Dax Harkins mengatakan, “Orang Inggris sedang membuktikan bahwa menabung bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bila dikombinasikan dengan aktivitas atau hobi yang menyenangkan pula.”
Menurut dia, sungguh menggembirakan menyaksikan begitu banyak orang menggunakan inisiatif mereka untuk mendapatkan penghasilan tambahan, yang pada akhirnya membantu mereka menyiapkan masa depan yang lebih baik.
“Bahkan, hasil yang sedikit per minggu pun bisa menjadi sumber investasi jangka panjang yang menguntungkan, khususnya bagi mereka yang seperti kami saksikan, mengaku tidak punya cukup uang untuk menabung guna menghadapi saat-saat darurat,” tambah dia.

Tags: ,