Sentuhan Profesional dan Layanan Ramah, Wajah Baru KAI

Muhammad Kuncoro KAI

 

Jika Anda ke stasiun-stasiun kereta api seperti Gambir, Senen dan di banyak stasiun lainnya, jangan kaget kalau ada perubahan besar. Perubahan ini tentu saja dalam konteks yang positif. Ya, bisa dibilang wajah PT KAI (Kereta Api Indonesia) kini berubah total. Lantas apa yang dilakukan oleh manajemen sehingga KAI menjadi seperti sekarang?

 

 

Pertanyaan dan rasa penasaran itu sedikit banyak terjawab dalam salah sesi The 5th Human Capital National Conference 2012 yang diselenggarakan oleh PPM Manajemen di Jakarta, 21-22 November 2012. Mewakili manajemen PT KAI yang memberikan best practice adalah Muhammad Kuncoro Wibowo, selaku HR Director yang mewakili Ignasius Jonan, CEO PT KAI yang awalnya diplot sebagai pembicara. Dalam presentasinya, Kuncoro memaparkan kondisi terkini di tubuh KAI dan apa saja yang telah diupayakan untuk membawa organisasi menjadi lebih profesional dalam hal manajemen dan ramah pelayanan kepada pelanggannya.

Kuncoro sendiri juga bercerita bagaimana awalnya ia bergabung dengan KAI. “Terus terang saya tidak punya gambaran akan berkarir di KAI. Bahkan setelah masuk pun, rasanya saya tidak tahan dan ingin segera resign sampai tiga kali. Tapi begitu orang-orangnya bisa disentuh dan disatukan pandangannya, kini saya menikmati betul bisa memberikan kontribusi di KAI,” ujar Kuncoro.

Bahkan Kuncoro menantang para fresh graduate dan profesional untuk join dengan KAI. “Kini KAI sudah jauh berbeda. Selain manajemen ditangani secara transparan dan profesional, berkarir di KAI pun sangat menjanjikan. Dari sisi engagement package-nya pun kita sudah sangat kompetitif dibanding dengan perusahaan swasta lainnya,” katanya bersemangat.

Nah, strategi apa yang tengah dilakukan oleh KAI, Kuncoro akan berbagi rahasia melalui video. Untuk itu tunggu penayangannya di PortalHR. (*/@erkoes)

Tags: , ,