Semakin Banyak Wanita di Posisi Puncak

egon zehnder
(foto: PersonnelToday)

Jumlah wanita yang menduduki kursi direksi di perusahaan Eropa telah meningkat dua kali lipat dibanding delapan tahun yang lalu.

Demikian yang terungkap dari studi yang dilakukan Egon Zehnder International belum lama ini. Hasil studi tersebut mengungkap, jumlah wanita yang duduk di kursi direksi perusahaan-perusahaan terbesar di Eropa kini mencapai 16%, dua kali lipat dibanding tahun 2004 (8%).

Bila trend ini berlanjut, maka jumlah wanita di posisi puncak korporasi Eropa akan mencapai 25% di tahun 2017. Data yang dikumpulkan dari 353 perusahaan terbesar di Eropa itu juga menemukan bahwa 86% perusahaan memiliki setidaknya satu orang wanita di jajaran direksi. Di Inggris angka itu bahkan mencapai 95%.

(Tabel dari European Diversity Analysis 2012 Egon Zehnder International)

Karoline Vinsrygg, konsultan Egon Zehnder International di London mengatakan, “Perlu waktu 50 tahun bagi wanita untuk mengisi 13% kursi direksi di Inggris, kini hanya perlu waktu 1 tahun saja untuk menambahkan 5%.”

Sementara itu Damien O’Brien, pimpinan Egon Zehnder International menambahkan,  untuk menjaga kesinambungan di masa depan, tantangan bagi organisasi adalah untuk memastikan semakin banyak wanita yang naik ke tingkat eksekutif.

“Hal ini tidak hanya mempersiapkan mereka untuk posisi-posisi direksi di masa depan tetapi juga menjadi contoh untuk menginspirasi generasi selanjutnya dari pimpinan wanita,” demikian ujar Damien seperti dikutip dari Personneltoday.

Tags: , , ,