Satu dari Empat Staf Merasa Lebih Baik Ketimbang Bosnya

Hampir seperempat dari pekerja di Inggris merasa dirinya bisa menjadi manajer yang lebih baik dibanding bos mereka. Sementara satu dari tiga pekerja merasa sangat ingin menggantikan bos mereka, seandainya mereka bisa. Demikian hasil survei yang dilakukan Investors in People, Agustus 2006.

Menurut Survei yang sama, pria (25%) lebih percaya diri akan kemampuan mereka untuk melebihi bos mereka saat ini dibandingkan wanita (18%).

Kurangnya komunikasi oleh para manajer adalah hal yang paling sering dikeluhkan staf. Sebagian besar staf mengeluhkan manajer mereka tidak cukup baik dalam berkomunikasi dengan mereka.Kejujuran adalah hal kedua yang mereka keluhkan, dan hampir seperlima dari staf yang disurvei merasa manajer mereka sering mendapatkan kredit dari pekerjaan mereka.

Sebaliknya, tipe manajer yang menjadi pujaan mereka adalah seorang yang mampu mendelegasikan pekerjaan, diikuti dengan seorang yang tegas tapi adil dan seorang yang memperhatikan karir para stafnya.

“Karena komunikasi yang baik adalah hal paling penting yang harus dimiliki seorang bos yang baik, maka para manajer harus memfokuskan diri mereka untuk membuat tugas dan target yang jelas kepada staf mereka, dan menghubungkan peran karyawan dengan misi perusahaan,” jelas Chief Executive Investors in People Ruth Spellman.

Tidak Puas

Survei tersebut juga mengungkapkan, dibanding staf yang sudah lama bekerja, para staf yang baru lebih bahagia dengan bos mereka. Hampir tiga perempat dari staf baru merasa puas dengan bos mereka, sedangkan 37 persen staf yang lama ingin mengganti manajer mereka.

Karyawan dalam perusahaan yang lebih besar juga lebih ingin mengganti manajer mereka dibanding karyawan di perusahaan kecil. Lebih dari sepertiga karyawan yang bekerja di perusahaan dengan seribu karyawan ke atas, menginginkan bos yang baru. Sedangkan dalam perusahaan dengan jumlah karyawan di bawah 50 orang, hanya 24 persen yang merasa tidak puas dengan manajer mereka.

Survei itu juga menemukan, semakin lama bekerja di sebuah perusahaan, staf akan makin menghargai kejujuran manajer mereka.

Tags: