Satu dari 6 Karyawan Tak Pernah Minta Kenaikan Gaji

Setiap karyawan pasti menginginkan kenaikan gaji. Namun, banyak orang merasa kesulitan bagaimana cara menyampaikannya kepada atasan. Belum lagi, kapan saat yang tepat untuk mengatakannya? Walhasil, tidak sedikit karyawan yang pasrah dan tidak pernah bermimpi untuk meminta kenaikan gaji.
Survei yang dilakukan perusahaan jasa layanan HR Ceredian di Inggris menemukan bahwa setidaknya satu dari 6 karyawan tidak pernah meminta kenaikan gaji. Di samping itu, ditemukan pula bahwa faktor usia dan gender juga mempengaruhi “keberanian” orang untuk urusan yang satu itu.
Menurut Ceredian, karyawan dari generasi yang lebih berumur cenderung lebih berani untuk menyampaikan keinginannya agar perusahaan menaikkan gaji mereka. Hanya seperlima karyawan di bawah 34 tahun yang merasa nyaman meminta kenaikan gaji –berbanding lebih dari 9 dari 10 pada karyawan di atas 35 tahun.
Sedangkan, berkaitan dengan jenis kelamin, karyawan pria secara umum lebih “to the point” untuk urusan gaji dibandingkan dengan karyawan wanita. Survei memperlihatkan, 8% dari mereka yang bernegosiasi untuk kenaikan gaji, tiga perempatnya adalah pria.
Lebih jauh survei menyoroti, meskipun karyawan berusia muda lebih takut untuk meminta kenaikan gaji, tapi mereka paling tertarik mengetahui berapa besar gaji rekan-tekan sekantor. Orang Inggris dikenal sangat merahasiakan soal gaji bahkan kepada keluarga mereka sekali pun.
Survei ini dilakukan atas 1000 karyawan tetap untuk menyelidiki hal-hal seputar gaji dan kesenjangan gaji. Chief People Officer pada Ceridian Karan Paige mengatakan, “Terdapat hubungan yang erat antara perusahaan-perusahaan yang sukses dan strategi reward yang memiliki keseimbangan yang baik antara gaji tetap dan gaji variabel, dimana elemen variabel selaras dengan kinerja.”
“Perusahaan-perusahaan sukses juga cenderung lebih baik dalam mempraktikkan diferensiasi. Karyawan dengan kinerja buruk tidak mendapatkan bonus dan mereka yang kinerjanya bagus memperoleh reward yang layak,” tambah dia.
Survei juga mengingatkan kembali pentingnya review kinerja karyawan dan bagaimana mengelolanya dengan benar. Menurut Paige, hal itu akan membantu perusahaan meretensi para top talent, dan itu artinya menghindarkan bisnis dari biaya-biaya rekrutmen yang tidak perlu.

Tags: