Right People, Kunci Pengeloaan SDM Garuda

logo portalhr summit_posting

SALAH SATU tema menarik lainnya di ajang PortalHR Summit 2012, adalah suguhan bagaimana kiat sukses Garuda Indonesia dalam meningkatkan performa perusahaannya. Apa saja kiat-kiatnya?

Untuk menjadi perusahaan penerbangan yang memiliki great performance, kunci suksesnya terdapat pada pengelolaan sumber daya manusia. Strategi inilah yang membawa PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menjadi The Leading Flight Company di Indonesia, dengan market share domestik 32% dan internasional sebesar 20%.

Hal ini diungkapkan Heriyanto Agung Putro, EVP Human Capital & Corporate Support Garuda. Garuda mengalami pertumbuhan bisnis yang sangat fluktatif sebelum tahun 2007. Itulah yang mendorong Garuda untuk mengeksplorasi berbagai strategi baru. Pilihan kala itu adalah dengan dicanangkannya pengembangan sumber daya manusia.

“Bagaimana kita menjadi besar seperti sekarang, kuncinya adalah right people. Terutama untuk mereka yang memiliki kualitas dan potensi,” ungkap Heriyanto.

Heriyanto pun lantas menjelaskan bahwa human capital, sebagai salah satu aspek dalam Quantum Leap – skema strategi pengembangan Bisnis Maskapai Garuda–, dikembangkan berdasarkan tiga cara. Cara yang pertama adalah dengan pengelolaan talent. Apa yang dilakukan Garuda, para talent-nya dididik untuk dipersiapkan sebagai seorang future leader.

Yang kedua adalah people manager, bukan hanya semata-mata areanya manager SDM. Intinya adalah bahwa setiap manager bertanggung jawab untuk mengatur manusia, bukan semata-mata fungsi bottom line dari departemennya. Dan terakhir, Garuda juga menerapkan budaya perusahaan yang tepat, yang selaras dengan strategi perusahaan, terutama dalam mengembangkan karyawan-karyawannya.

Pembelajaran dari Garuda, di mana sumber daya manusia menjadi fokus dari pengembangan bisnisnya, menjadi insight dari sesi ini. Saat banyak perusahaan lain di Indonesia jor-joran meningkatkan pertumbuhan mereka dengan fokus pada produk atau marketing, tetapi Garuda memilih right people untuk mendorong pertumbuhan perusahaannya. (TW)

Tags: , ,