Resolusi 2009 untuk Sukses Karier: Belajar Mendelegasikan Tugas

Seperti biasa, setiap awal pergantian tahun, setiap orang membuat resolusi untuk tahun yang baru. Dalam kaitan dengan perkembangan karier, awal tahun merupakan saat yang tepat untuk merefleksikan progres bisnis selama setahun yang telah lalu. Untuk kemudian, merencanakan apa yang ingin dicapai dan harus dikembangkan tahun ini.
Jika tahun 2008 merupakan tahun yang tergolong sukses bagi Anda, maka pada 2009 ini pastinya Anda ingin lebih sukses lagi. Atau, jika sepanjang tahun yang baru saja lewat itu Anda termasuk belum beruntung dalam karier dan bisnis, maka inilah saatnya untuk meningkatkan diri dan mencapai hasil yang lebih baik.
Berikut 6 Resolusi Terpenting yang akan membantu Anda mencapai sukses pada 2009, sesuai dengan tren dan tuntutan yang semakin meningkat akan keseimbangan yang lebih besar antara bekerja dan kehidupan pribadi.
1. Belajar bagaimana mendelegasikan pekerjaan
Begitu banyak hal yang harus Anda kerjakan jika Anda memimpin tim atau menduduki jabatan yang membawahi sejumlah anak buah. Biasanya Anda merasa hebat bila bisa melakukan semuanya seorang diri. Sampai saatnya nanti, Anda akan tersadar dan terheran-heran, mengapa Anda begitu lelah dan kehabisan waktu untuk melakukan hal-hal yang lain. Mulai sekarang, belajarlah untuk membiasakan diri, mendelegasikan tugas-tugas dan pekerjaan kepada pihak lain. Delegasi merupakan kunci bagi kesuksesan hidup dan kerja.
2. Mempromosikan diri secara regular dan konsisten
Terlalu menonjolkan diri dalam lingkungan kantor biasanya dihindari. Namun, bukan berarti bahwa Anda juga harus sembunyi. Jika Anda ingin menarik perhatian bos, maka rajin-rajinlah mempromosikan diri dengan senantiasa menunjukkan hasil kerja yang memuaskan. Bacalah buku-buku tentang “personal branding”, mungkin bisa membantu dalam hal ini.
3. Mempelajari hal-hal baru
Apa yang Anda pelajari biasanya berkaitan dengan bidang karier yang Anda geluti. Tentu memang sebaiknya begitu. Namun, mempelajari hal-hal baru yang sama sekali tidak berkaitan dengan minat dan bidang pekerjaan bisa menambah wawasan bahkan keterampilan Anda, termasuk memperluasa dimensi hidup Anda. Dari sini, Anda bisa bertemu dengan orang-orang baru yang menarik, menambah teman, memperluas pergaulan, yang kemungkinan bisa membantu kemajuan karier Anda suatu saat nanti.
4. Bergabung dengan organisasi-organisasi profesional dan jaringan-jaringan bisnis
Organisasi dan jaringan orang-orang bisnis dan profesional akan membantu Anda menemukan ide-ide baru, mendefinisikan kembali ide-ide lama, dan tentu saja, menciptakan kontak.
5. Membuat agenda kerja
Kerja yang terjadwal rapi, kegiatan-kegiatan yang teragendakan dengan jelas dari waktu ke waktu, akan membuat Anda senantiasa merasa seperti di-charge kembali, dan refresh. Setiap detik menjadi berharga, tidak terbuang percuma, tapi juga tahu kapan jeda untuk istirahat, dan kapan waktunya untuk tidak bekerja sama sekali. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengagendakan kegiatan di luar pekerjaan. Dengan jadwal yang tertata, Anda jadi tahu, kapan waktunya untuk “bertemu dengan diri Anda sendiri”.
6. Tetapkan tujuan yang realistis
Pada akhirnya, semua yang Anda lakukan tentulah demi untuk mencapai tujuan tertentu. Maka, penting artinya untuk menetapkan tujuan itu dari awal, dan cobalah untuk realistis. Agar, tujuan tersebut bisa menuntun Anda untuk tetap berjalan di atas rel yang “benar”, dan bukannya menjadi hantu yang mengejar-ngejar sehingga justru membuat Anda stres.

Tags: