Rekrutmen Unik ala YouTube

Bosan dengan teknik merekrut karyawan yang biasa-biasa saja? Ingin sesuatu yang unik dan inspiratif? Apa yang dilakukan YouTube ini barangkali bisa ditiru.

Situs video yang dimiliki oleh Google ini punya cara tersendiri dalam merekrut karyawan. Hal itu ditunjukkan dalam sebuah acara bursa kerja yang digelar di San Bruno, California, AS.

Bukannya tertata layaknya pergeleran bursa kerja umumnya, yang ada malah sebuah pesta sambil menyaksikan pertandingan final Cricket langsung dari India via YouTube. Bukan itu saja, disediakan pula makanan lezat khas India dan bir Kingfisher untuk pencuci mulut.

“Ini bukan bursa kerja. Ini Pesta,” ucap salah satu pelamar. Acara tersebut memang dibuat sederhana tapi menarik. Para profesional perwakilan dari perusahaan itu pun tak tampak seperti layaknya eksekutif dengan jas dan sepatu mengkilap. Mereka hanya mengenakan kaos berlogo perusahaan, celana jins dan sepatu kets.

“Kami mencari desainer visual untuk departemen saya, ” kata salah seorang desainer YouTube Julian Frumar seperti dikutip detikINET dari Mercury News, Rabu (28/4/2010). “Acara ini sebenarnya bukan untuk menilai seseorang untuk bekerja, kami hanya memberikan gambaran tentang bagaimana bekerja bersama kami,” tambah dia.

Kreatif, imajinatif, santai, pekerja keras, berpikir global, dan “cool” adalah deskripsi calon karyawan yang dicari perusahaan raksasa tersebut. Proses resmi rekrutmennya sendiri baru akan dilakukan setelah pesta usai.Beberapa bulan sebelumnya, Google telah mengangkat 800 karyawan baru dan ke depannya akan merekrut 20.000 karyawan di seluruh dunia. Berminat?

Tags: