Rekruter Bantu Kembangkan Karir Pribadi dan Sukses Perusahaan

Profesi yang satu ini barangkali memang belum teramat populer di masyarakat. Atau, bahkan masih ada sebagian orang yang belum sadar bahwa profesi ini ada. Padahal, dibandingkan dengan banyak pekerjaan lain, rekruter sama penting dan mulianya. Keberadaanya bukan hanya membantu mengembangkan karir seseorang melainkan lebih luas lagi juga berkontribusi terhadap pertumbuhan dan sukses sebuah perusahaan.

Itulah benang merah yang bisa ditarik dari pertemuan para praktisi jasa rekrutmen yang diprakarsai oleh JAC Indonesia di Sky Business Centre, Menara Cakrawala, Jakarta Pusat, Kamis (15/11/07). Selain dimaksudkan sebagai ajang berbagi pengalaman dalam praktik-praktik rekrutmen, pertemuan tersebut juga diharapkan bisa menjadi cikal-bakal pembicaraan lebih lanjut mengenai kemungkinan dibentuknya semacam asosiasi para praktisi rekrutmen di Tanah Air.

Menurut Direktur Pengelola JAC Indonesia Mariko Yoshihara, sudah saatnya untuk membangkitkan kesadaran akan pentingnya dilakukan upaya-upaya peningkatan profil dan citra industri rekrutmen di Indonesia. Secara implisit Mariko mengajak agar para rekruter memiliki kebanggaan pada profesinya, sebagaimana kebanggaan yang dimiliki oleh profesi lain seperti pengacara.

“Seorang rekruter membantu kemajuan karir pribadi seseorang, dan itu artinya juga membantu meningkatkan kesejahteraan anggota keluarga yang bersangkutan, juga termasuk membantu pertumbuhan perusahaan yang menjadi klien kita,” ujar Mariko.
Sebagai bagian dari upaya untuk berbagi pengetahuan tentang ‘best practice’ di bidang rekrutmen, pertemuan tersebut mengundang tokoh-tokoh senior di bidangnya, yakni Pri Notowidigdo dari Amrop Hever dan John Rangam dari Potensia HR Consulting. Dan, untuk memberikan perspektif lain kepada para praktisi rekrutmen yang hadir, diundang pula untuk berbicara Head of Business Development Access-1 I Putu Surya Negara.

Direktur Potensia HR Consulting John Rangam menegaskan, para praktisi rekrutmen agar selalu memperhatikan harapan-harapan dari klien. Diingatkan bahwa dewasa ini kondisi sudah berubah, di mana perusahaan harus menghadapi kompetisi global. Dalam situasi seperti itu, para executive search consultant atau yang populer disebut headhunter harus mampu menjadi mitra bagi klien dalam memenuhi kebutuhan akan SDM yang berkualitas.

Tags: ,