Ram Charan: “HR jangan sisakan pekerjaan di piring CEO”

ramcharan

HR sebagai divisi yang strategis seharusnya selalu berdampingan dengan CEO dan termasuk dalam tim yang selalu ada di dekat CEO, seperti halnya CFO misalnya. Tetapi pada kenyataannya saat ini masih banyak orang HR yang bahkan pekerjaannya tidak diketahui oleh CEO.

“Banyak CEO yang tidak tahu bagaimana menggunakan tim HR-nya, dan sebaliknya banyak orang HR tidak tahu bagaimana menggunakan CEO-nya,” ujar Ram Charan pada Singapore Human Capital Summit 2011 di Resort World Sentosa, Singapura, Rabu 28 September yang lalu.

Hal ini menurut Ram dikarenakan masih banyak orang HR yang belum mampu menunjukkan nilai tambahnya kepada bisnis. HR harus mampu menunjukkan kontribusinya secara langsung pada angka-angka dalam bisnis, dan tidak menyisakan pekerjaan pada CEO.

“Don’t leave on his plate work to do,” kata penulis buku laris dan pakar Global Management itu. Ram Charan membawakan sesinya dengan santai ala seorang dosen: dia berjalan di antara para audiense sambil mengajukan pertanyaan serta tidak menggunakan slide sama sekali.

Menurut Ram, tidak ada yang lebih penting dalam bisnis selain pemilihan CEO. Dan salah satu tugas terpenting seorang pemimpin adalah menemukan calon-calon pemimpin baru dan membina mereka serta membangun sistem. HR berperan sangat penting dalam peran-peran paling strategis itu.

“Jika Anda orang HR, maka kabar gembira buat Anda semua. Your time has come,” demikian kata penulis buku The Leadership Pipeline itu.

Singapore Human Capital Summit 2011 berlangsung dua hari (28 dan 29 September 2011) di Resort World Sentosa dan dihadiri lebih dari 600 peserta dari Singapura maupun negara-negara lain. Pembicara berasal dari Singapura maupun perusahaan global, seperti Keppel, Kraft Food Asia Pacific, Lenovo, serta pembicara dari kalangan akademisi. Dua pembicara dari Indonesia adalah Nilamsari, Marketing Director and Founder PT Baba Rafi Indonesia dan Rukmi Hadihartini, HR Director Pertamina.

 

Baca juga:

Human Capital, Kunci Pertumbuhan Ekonomi Asia

5 Perusahaan Singapura Sponsori Program Beasiswa SDM

HCL Technologies dan Manila Water Menangi Asian HC Award

live tweet selama seminar dengan hashtag:  #SingHCSummit.

 

 

Tags: ,