Rahasia Sukses Rekrutmen Nestle

Perusahaan raksasa makanan bernutrisi Nestle memiliki rahasia yang unik dalam rekrutmen karyawan. Sukses mereka menjaring tenaga-tenaga profesional berkualitas terletak pada strategi menjaga calon-calon karyawan potensial tetap santai dan sabar menunggu kesempatan untuk bergabung.

Strategi rekrutmen Nestle adalah memastikan para kandidat yang ingin bergabung setia menunggu, hingga tahun berikutnya ketika lowongan pada berbagai posisi telah tersedia.
Berbicara pada Konferensi Rekrutmen dan Retensi yang diselenggarakan oleh Chartered Institute of Personnel and Development, Inggris pekan lalu, kepala bagian rekrutmen Nestle Fionna White mengungkapkan adanya “candidate relationship management” di perusahaannya.

Menurut White, strategi tersebut berhasil mengurangi biaya proses rekrutmen sehingga perusahaan bisa menghemat cukup signifikan. “Kami punya banyak kasus dimana para kandidat sabar menunggu sampai setahun, dan ketika pekerjaan untuk mereka telah tersedia, kami mengontak mereka dan mereka menerimanya,” tutur dia kepada Personnel Today.

Lebih jauh White memaparkan, pihaknya menerima sejumlah dana tertentu dari atas untuk kepentingan rekrutmen dengan besaran yang sama dengan biaya merekrut orang melalui agensi. Departemen HR menggunakan dana itu untuk membuat website guna mengiklankan posisi-posisi yang kelak akan lowong.

Dari situ White mendapatkan 300 pendaftar dengan 25 di antaranya dinilai “sempurna”, dan setelah disaring lagi, ada 7 kandidat yang lolos. “Dengan cara seperti ini kami menghemat biasaya sebesar ongkos untuk agen rekrutmen, jadi dalam rangka investasi, ini strategi yang bagus,” ujar dia.

Tags: