PT KA Terapkan Sertifikasi Kompetensi

PT Kereta Api (Persero) ternyata selangkah lebih maju dalam manajemen SDM. Perusahaan jasa transportasi darat ini telah menerapkan sertifikasi kompetensi kepada karyawannya, terutama untuk para masinis.

Departemen Perhubungan di Jakarta, Selasa (18/8/09) memberikan sertifikasi kompetensi kepada 162 masinis dan 48 asisten masinis di lingkungan PT KA Daop I Jakarta.

Direktur Keselamatan dan Teknik Sarana Ditjen Perkeretaapian Dephub Hermanto Dwiatmoko mengatakan, sertifikasi tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi SDM operasional PT KA.

“Peningkatan kompetensi ini sesuai amanat Undang-Undang Nomor 23/2007 tentang Perkeretaapian,” ujar dia seperti dilaporkan Bisnis.com. Pemberian sertifikasi kompetensi dilakukan di tengah acara sosialisasi keselamatan PT KA Daop I Jakarta di Stasiun Kota.

Selama ini, korban kecelakaan di PT KA masih cukup tinggi, yang disebabkan oleh sarana, faktor manusia, prasarana dan faktor eksternal. Saat ini, lanjut Hermanto, pihaknya memfokuskan pengurangan kecelakaan akibat faktor sarana dan manusia.

“Sosialisasi dan sertifikasi itu merupakan fokus untuk mengurangi kecelakaan yang disebabkan sarana dan manusia,” terang dia seraya memaparkan, sampai 2010 semua SDM operasional PT KA harus memiliki sertifikasi. “Jika tidak, akan ada sanksi hukum sesuai undang-undang.”

Saat ini, PT KA memiliki 26.316 karyawan. Berdasarkan latar belakang pendidikan, sebagian besar karyawan masih dominan lulusan SD, karena ciri pekerjaan di PT KA sebagian besar memang menghendaki tingkat pendidikan tersebut.

Tags: