PT Astra Kampiun SDM 2006

PT Astra International Tbk menempati peringkat teratas pada dua dari tiga kategori penilaian dalam HR Excellence Awards 2006. Ini adalah ajang pencarian best practice manajemen SDM yang digelar oleh Majalah SWA bekerja sama dengan Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LM-FEUI) dan Yayasan Human Resource Indonesia.

Lingkup penilaian award dibagi dalam tiga area, yakni Overall Management (OM), Training and Development (T&D) dan Performance Management (PM). Melalui survei dengan tahapan pengumpulan informasi (selama empat bulan) dan verifikasi (untuk menyaring 10 finalis dari 49 perusahaan peserta), PT Astra menang dalam dua area sekaligus, yakni OM dan T&D.

Ketua Dewan Juri Budi W Soetjipto dari LM-FEUI menggarisbawahi, perusahaan yang HR Excellent adalah perusahaan yang proses bottom up dan top down-nya berjalan seimbang. “Ada interaksi dua arah di berbagai lini dan visi,” jelas dia.

Dalam penilaian Budi, selama ini proses bottom up dan top down di Astra berjalan baik. “Pihak manajemen senantiasa mencari tahu yang diinginkan dan dibutuhkan, serta yang sedang terjadi dengan karyawannya melalui Customer Insight Survey (CIS),” jelas dia seperti dilaporkan SWA No.23/November edisi HR Excellence 2006.

Di samping itu, Astra rajin melakukan Customer Satisfaction Survey (CSS) yang hasilnya dianalisis untuk diterjemahkan menjadi Key Performance Indicator (KPI) bagi SDM-nya. KPI itu kemudian ditindaklanjuti menjadi action plan SDM Astra. “Di perusahaan lain, mereka mengatakan telah melakukan CIS dan CSS, tapi tidak ditindaklanjuti atau tidak dijadikan bagian dari pengembangan SDM-nya,” lanjut Budi.

Inilah 5 perusahaan terbaik dalam kategori Manajemen SDM (OM):

1. PT Astra Internasional Tbk (manufaktur)

2. TNT Indonesia (jasa kiriman ekspres dan logistik)

3. PT Bank Niaga Tbk (perbankan)

4. PT Indosat Tbk (telekomunikasi)

5. PT Bank Danamon Tbk (perbankan)

Sedangkan, untuk kategori Manajemen Kinerja (PM):

1. PT Bank Niaga Tbk

2. PT Bank NISP Tbk

3. PT Bank Lippo Tbk

4. PT Dharma Polimetal (manufaktur)

5. PT Indosat Tbk

Dan, untuk kategori Manajemen Pelatihan dan Pengembangan (T&D):

1. PT Astra Internasional Tbk

2. PT Bank Lippo Tbk

3. PT Indosat Tbk

4. PT Makro Indonesia (cash & carry wholesaler)

5. PT Mustika Ratu Tbk (industri jamu dan kosmetik)

Tags: ,