Protes Soal Gaji dan Pensiun, Pilot Gugat Manajemen Garuda

Profesi pilot tidak hanya terbilang “langka”, tapi juga menantang dan penuh risiko. Maka, wajar jika ada tuntutan gaji seorang pilot lebih besar daripada pekerja kebanyakan.

Presiden Asosiasi Pilot Garuda (APG) Stephanus Gerardus. S mengatakan, sebagai pilot Garuda Indonesia, rekan- rekannya bergaji hingga US$ 5.500 per bulan untuk seorang pilot senior.

Sementara bagi pilot baru atau golongan muda hanya bergaji US$ 1.500 per bulan. Sehingga ia merasa heran ada seorang pegawai Garuda yang di luar pilot justru bergaji lebih besar.

“Ada karyawan Garuda yang non pilot sampai US$ 8.000 per bulan,” kata Stephanus di sela-sela sidang pengadilan perselisihan hubungan industrial di Jakarta, Selasa (6/7/2010).

Sebagai pilot, pihaknya meminta keadilan khususnya terkait perselisihan masa pensiun yang saat ini telah masuk dalam gugatan peradilan perselisihan hubungan industrial.

Ia juga menuturkan, sebagai sebuah maskapai penerbangan, Garuda berpeluang mengalami masalah terutama soal ketersedian pilot pada 2017. Stephanus menghitung, tahun itu saja akan ada 60-80 pilot Garuda yang akan pensiun, atau sudah berusia 60 tahun.

Saat ini total jumlah pilot Garuda mencapai 550 orang, dan didominasi usia lanjut. “Tujuhpuluh persennya kelahiran tahun 1950-an,” kata dia.

Sebelumnya, pada Maret 2010 APG telah mengajukan secara resmi ke pengadilan hubungan industrial (PHI) soal perselisihan pendapat masa pensiun. Pada Juni 2010 sudah dilakukan sidang, dan Selasa (6/7) ini merupakan sidang yang ketiga.

Masalah berawal pada 2006 ketika dimulainya perundingan perjanjian khusus penerbangan (PKP) atau Perjanjian Kerja Bersama (PKB) khusus untuk pilot, antara PT Garuda dengan para pilotnya. Saat itu muncul perdebatan soal masa kerja seorang karyawan Garuda yang hanya 25 tahun, sementara masa kerja para pilot rata-rata bisa mencapai 35-40 tahun.

Selama ini batas usia aktif pilot sebagai penerbang sampai 60 tahun.

Selain itu ada pula soal uang penghargaan masa kerja atau uang pensiun. Usia pensiun pilot ditetapkan 60 tahun, namun jika ada pilot yang meninggal atau tak mampu terus bekerja sampai usia tersebut, statusnya menjadi pensiun dini atau hanya mendapat penghargaan sepuluh kali gaji. Padahal jika pensiun penuh mencapai 28 kali gaji.

Pihak pilot mendesak agar pilot disamakan batas masa pensiunnya dengan karyawan Garuda non-pilot yang hanya 56 tahun. Namun, karena posisi pilot sebagai profesi maka pihak pilot mendesak diberikan juga kesempatan mengabdi atau masih bekerja sampai usia 60-65 tahun.

Selain itu, selisih masa kerja pensiun juga menjadi permasalahan yaitu bagi pilot yang sudah masa kerjanya mencapai 25 tahun akan mendapat penghargaan 28 kali gaji sementara yang sudah 40 tahun bekerja pun hanya mendapat 29 kali gaji atau selisih satu kali saja.

Tags: