Program HR yang Efektif Ciri “The Best Empoyer”

Apakah perusahaan yang Anda pimpin atau tempat Anda bekerja merupakan "the best empoyer"? Salah satu cara untuk melihatnya adalah dengan memperhatikan program-program HR-nya, apakah telah berjalan dengan efektif. Itulah antara lain faktor pembeda antara "best employer" dengan yang lain.
Demikian benang merah tebal yang bisa ditarik dari presentasi VP HR Agilent Technologies untuk wilayah Asia Pasific Rohana Weiler dalam seminar HR Revolution di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (6/10/09).
Selain program HR yang efektif, "the best empoyer" unggul dibandingkan dengan lainnya dalam hal "leadership" dan "excellent in execution". Namun, Rohana mengingatkan bahwa dalam menciptakan "the best employer", HR tak bisa bekerja sendirian.
"Harus didukung dengan brand yang kuat, budaya perusahaan yang hebat serta desain pengembangan dan sistem reward yang bagus, dan yang tak kalah penting, adanya komunikasi yang lancar" papar dia.
Dicontohkan, perusahaan dengan budaya dan nilai-nilai yang hebat biasanya memiliki team work yang kuat, karyawan dengan integritas tinggi hingga sistem hiring yang bagus.
Rohana juga menyinggung soal pengukuran sukses yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan terbaik. "Mereka biasanya menge-set target dan memiliki mekanisme feedback yang baik," ujar dia. Hasil dari pengukuran dan feeback itu adalah engagement dan kepuasan karyawan.
Seminar HR Revolution digelar oleh JFPS Group Malaysia selama dua hari, 6 dan 7 Oktober 2009.

Tags: