Profesi Bidang HR Paling Bergengsi di AS

Di Indonesia, profesi yang berkaitan dengan departemen human resource (HR) barangkali bukanlah jabatan yang dianggap glamor dan bergengsi. Sebaliknya, bagian ini dikenal sebagai yang paling dibenci di perusahaan. Padahal, tahukah Anda, jabatan manajer HR termasuk salah satu pekerjaan paling bergengsi di Amerika Serikat (AS), salah satunya karena gajinya tinggi.

Money Magazine dan salary.com dalam penelitiannya menemukan 100 jenis pekerjaan yang dianggap paling bergengsi di AS. Manajer HR menempati peringkat ke-4, setelah juaranya software engineer yang disusul berturutan college professor dan financial adviser masing-masing pada ranking dua dan tiga.

Cukup mengejutkan bahwa dalam daftar tersebut tercantum profesi-profesi yang di Indonesia barangkali tidak dihargai karena dianggap masih belum bisa diandalkan untuk bertahan hidup. Misalnya, profesi editor dan penulis. Daftar ini dibuat berdasarkan perkembangannya, gaji dan tingkat tekanan serta sejumlah faktor pertimbangan lain. Manajer HR nongkrong di peringkat empat karena di AS seorang direktur senior HR bisa mendapatkan gaji sampai 285 ribu dolar.

Pada banyak perusahaan, departemen HR biasanya dianggap tak lebih dari urusan administrasi dan personalia. Padahal sebenarnya pekerjaan seorang HR sangat beragam, dari membagi keuntungan karyawan sampai rekrutmen. Misi mulia jabatan bidang HR adalah membuat pekerjaan menjadi sesuatu yang lebih bermakna bagi pekerja.

Departemen HR juga berperan penting membantu membentuk strategi dan budaya perusahaan. Sementara, sisi tidak enaknya, bagian ini harus melawan stereotip bahwa HRD identik dengan “firing people“. Jabatan ini bisa diisi oleh sarjana S-1 segala jurusan, tapi tak jarang juga dimasuki oleh mereka yang bergelar master atau tenaga khusus yang memiliki sertifikasi profesional.

Tags: ,