Produktivitas Perusahaan Turun 1,5% karena Facebook

Situs-situs jejaring sosial di internet semisal Facebook bagaikan pisau bermata dua. Di satu sisi bisa membantu “networking” untuk kepentingan kerja. Namun, di sisi lain, ternyata bisa mengganggu pekerjaan dan akibatnya menurunkan produktivitas perusahaan. Studi terbaru Nucleus Research menemukan, hampir separuh pekerja kantoran di Amerika Serikat (AS) membuka Facebook pada jam kerja.

Hasil riset itu juga menemukan menurunnya total produktivitas perusahaan rata-rata 1,5% akibat diperbolehkannya karyawan mengakses Facebook pada jam kerja.
Situs jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook telah menyita banyak perhatian orang. Untuk mengetahui dampak penggunaan situs jejaring sosial terssebut, Nucleus mewawancarai 237 pekerja kantoran di AS secara random tentang penggunaan Facebook mereka.

Hasilnya, penggunaan Facebook telah demikian mendominasi karyawan di AS dengan 77% karyawan memiliki akun Facebook. Dari 77% tersebut, 2/3 di antaranya mengakses Facebook pada jam kerja. Mereka yang membuka Facebook pada jam kerja melakukannya selama rata-rata 15 menit setiap hari.

Penemuan ini seolah membenarkan dugaan banyak orang bahwa penggunaan Facebook hanya membuang waktu saja, karena kenyataannya, 87% dari mereka yang aktif menggunakan Facebook tidak dapat menyebutkan relevansinya dengan pekerjaan mereka.

Lebih dari itu, dari mereka yang mengakses Facebook pada jam kerja, 6% tidak pernah membuka Facebook pada saat yang lain dan di tempat lain selain di kantor. Ini menunjukkan, satu dari 33 pekerja membangun keseluruhan profil Facebook mereka pada jam kerja.

Hal yang menarik, di antara 13% yang memiliki alasan bisnis dalam menyibukkan diri dengan Facebook, sebagian besar tidak menggunakannya untuk networking pribadi, tapi untuk mempromosikan bisnis, produk, acara, atau fan site kepada pengguna Facebook dan Facebook hanya salah satu komponen dari seluruh strategi marketing.

Tidak satu pun dari mereka membandingkan efektivitas Facebook dengan strategi marketing yang lain. Jadi, tidak jelas apakah usaha mereka di Facebook membuahkan hasil positif.

Dengan 61% karyawan mengakses Facebook pada jam kerja dan rata-rata menghabiskan 15 menit setiap hari, Nucleus memperkirakan menurunnya produktivitas perusahaan sebesar 1,5%. Sebagai kesimpulannya, Nucleus menyarankan perusahaan sebaiknya mengevaluasi kebijakan Facebook mereka dan cost yang ditimbulkan jika perusahaan memperbolehkan akses ke Facebook pada jam kerja.

Tags: