Presiden SBY Akan Prioritaskan Keunggulan Daya Saing dan Peningkatan SDM

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang terpilih kembali menjadi presiden RI dalam pemilu 2009 bertekad akan berusaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat yang merupakan prioritas utama pemerintahannya.
"Peningkatan kesejahteraan rakyat merupakan prioritas utama. Kita ingin meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui pembangunan ekonomi yang berlandaskan keunggulan daya saing, pengelolaan sumber daya alam, dan peningkatan sumber daya manusia."
Demikian antara lain isi pidato Pelantikan SBY sebagai Presiden RI periode 2009 – 20014 di hadapan rapat paripurna MPR di Jakarta, Selasa (20/10/09).
Presiden menegaskan, bersama wakilnya, Boediono, pihaknya telah menetapkan program seratus hari, program satu tahun, dan program lima tahun ke depan. Dikatakan, esensi dari program lima tahun mendatang adalah peningkatan kesejahteraan rakyat, di samping penguatan demokrasi dan penegakan keadilan.
"Kesejahteraan rakyat" merupakan frase yang diulang-ulang dalam pidato tersebut. SBY juga menyebut-nyebut soal "persamaan kesempatan".
Menurut SBY, ekonomi Indonesia harus tumbuh semakin tinggi, namun pertumbuhan tersebut haruslah bersifat inklusif, berkeadilan, dan disertai pemerataan. SBY menyebutnya sebagai "cita-cita kita semua", dan untuk mewujudkannya, "ada sejumlah kunci sukses yang perlu kita pedomani dan jalankan bersama".
"Utamanya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat, pertama jangan pernah kita menyerah dan patah semangat," tegas SBY.
Adapun kunci sukses yang kedua dan ketiga berturut-turut adalah perlunya untuk terus menjaga persatuan dan kebersamaan, dan harus menjaga jati diri bangsa. "Inilah modal sosial dan potensi nasional yang paling berharga," tegas SBY.

Tags: