Presiden Minta Perusahaan Berbagi Untung dengan Karyawan

Pada peringatan Hari Buruh Sedunia, Sabtu (1/5/2010) Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan pemilik perusahaan yang usahanya berkembang agar berbagi untung dengan karyawannya. Sedangkan kepada karyawan diminta untuk menjaga disiplin dan produktivitas.
Presiden ikut memperingati hari buruh dengan mengunjungi pabrik perakitan mobil Toyota di Karawang, Jawa Barat. Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga menyempatkan untuk makan siang bersama para buruh pabrik PT Toyota Indonesia.
Dalam dialognya bersama para buruh, Presiden SBY berharap ekonomi terus tumbuh sehingga tak ada lagi gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK). Presiden juga meminta manajemen perusahaan dan pegawai selalu menjaga hubungan baik.
“Jika ada masalah, bertemulah pemimpin perusahaan dengan serikat pekerja, dan dibicarakan secara baik,” kata dia seraya mengingatkan agar aksi-aksi kekerasan dan mogok massal tak ditempuh karena merugikan semua pihak.
“Mogok massal berhari-hari, ujung-ujungnya perusahaan bangkrut, pegawai kehilangan pekerjaan, semua merugi. Karyawan, perusahaan, negara merugi,” ujar Presiden.
Makan siang bersama dan berdialog dengan para pekerja telah menjadi tradisi yang dilakukan SBY dalam tiga tahun terakhir. Tahun lalu, SBY memperingati Hari Buruh dengan santap siang bersama buruh pabrik PT Panasonic Indonesia di Bogor. Hal yang sama juga dilakukan pada 2008 di Pabrik New Armada, Magelang, Jawa Tengah.