Presiden McDonald’s Mengundurkan Diri

Jejaring raksasa perusahaan makanan cepat saji McDonald’s mengumumkan pengunduran diri President and Chief Operating Officer-nya Mike Roberts (55) di Los Angeles, Rabu (23/8/06). Pernyataan dari perusahaan yang telah melakukan revitalisasi bisnis itu mengejutkan banyak pihak. Roberts mengundurkan diri setelah 29 tahun berkarir di rantai rumah makan penyedia hamburger itu.

Dalam kesempatan yang sama langsung diumumkan calon pengganti Roberts, yakni Ralph Alvarez (51) yang selama ini mengepalai jejaring McDonald’s untuk seluruh wilayah Amerika Utara. Pihak McDonald’s tidak menyebutkan alasan kepergian salah satu puncak petingginya yang terkesan mendadak itu. Namun, dalam email yang dikirimkan kepada seluruh karyawan Rabu sore itu hari itu, Roberts mengatakan bahwa keputusan itu sepenuhnya datang dari dirinya sendiri.

“Dengan penyesalan yang mendalam saya mengumumkan pengunduran diri saya. Saya percaya ini sebuah keputusan yang tepat tidak hanya bagi saya pribadi, tapi juga bagi keluarga, karir saya dan perusahaan ini saat ini,” tulis dia seperti dilaporkan Reuters. Dalam email tersebut Roberts juga menyatakan bahwa keputusannya itu, “salah satu hal terberat dalam hidup saya.”

Robert telah duduk di kursi tertinggi nomer dua di perusahaan global itu sejak November 2004, menyusul pengunduran diri mantan CEO Charlie Bell. Sejak 2003, McDonald’s telah merevitalisasi bisnisnya dengan menambah jam buka gerai-gerainya, menambah sejumlah menu baru seperti aneka salad dengan harga cukup mahal dan aneka sandwich ayam, serta menyediakan pelayanan pembayaran non-tunai. Dalam pernyataannya Rabu itu, CEO McDonald‚ Jim Skinner berterima kasih pada Roberts yang dinilai telah mengantarkan McDonald “lebih kuat dibanding sebelumnya.”

Tags: ,