PortalHR Summit: Menjembatani Global Talent di Indonesia

Hari ini, Kamis (5/12) PortalHR Summit 2013 kembali digelar dengan mengagendakan sebanyak dua belas pembicara untuk mengisi empat sesi. Acara yang dibuka oleh Gatot Trihargo, Deputi Menteri BUMN Bidang Jasa tersebut akan melibatkan beberapa speaker dari BUMN dan perusahaan swasta kenamaan di Indonesia, di antaranya Bank Mandiri, Unilever, Telkom dan Garuda.

Dalam kesempatan tersebut Gatot mengungkapkan visi dari kementrian BUMN ke depan yakni untuk menciptakan BUMN berdaya saing. Artinya, BUMN mampu mengoptimalkan fungsinya sebagai soko guru perekonomian Indonesia berdampingan dengan pihak swasta dan koperasi. Transformasi yang revolusioner menurutnya perlu dilakukan, salah satunya kuncinya adalah dengan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni, di samping pemetaan rencana bisnis yang terskema dengan baik melalui blueprint.

“Salah satu penentu penting keberhasilan transformasi kami adalah tim yang berkualitas, dream team. Untuk itulah masalah rekrutmen dan sumber daya manusia itu sangat krusial. Forum ini menjadi penting, tidak hanya untuk peserta, tetapi juga bagi BUMN sendiri, banyak belajar dari para ahli dalam penanganan Human Capital ,” ungkap Gatot.

Bertepatan dengan event akbar ini, di Istora Senayan juga tengah diadakan jobfair yang bertajuk BUMN Career Days. Perbedaan BUMN Career Days dengan jobfair lainnya adalah karena perusahaan peserta adalah seluruh BUMN yang ada di Indonesia. Pameran yang menargetkan lebih dari 100 ribu pengunjung ini tidak hanya membuka lowongan untuk posisi pegawai tetapi juga magang. Pun talent yang dicari dibedakan menjadi dua yakni fresh graduate dan pro-hire atau talent profesional yang akan direkrut untuk mengisi posisi level managerial.

Secara umum, seminar kali ini mengangkat tema Global Talent. Salah satu pertimbangan untuk pengambilan tema tersebut adalah bahwa dalam waktu kurang dari sepuluh tahun ke depan, Indonesia akan menjadi salah satu suplier tenaga kerja untuk dunia.
“Menurut report dari Oxford Economic University, pada 2021, akan terjadi pergerakan tenaga kerja yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ketika saat ini tenaga kerja profesional dari negara maju bergerak ke negara berkembang, pada tahun 2021 tersebut akan terjadi pergerakan dari negara berkembang ke negara maju. Dan Indonesia adalah negara terbesar ketiga penyumbang tenaga kerja tersebut setelah India dan Brazil,” Malla Latif, CEO Portalhr.com memaparkan.

Seminar PortalHR Summit 2013 yang merupakan acara rutin tahunan PortalHR.com ini akan berlangsung hingga satu hari ke depan dengan peserta kebanyakan praktisi Human Resource (HR) dari berbagai macam level.

Tags: