PNS Kontrak, Kenapa Tidak?

Pemerintah pusat akan mengkaji penerimaan Pegawai Tidak Tetap (PTT) dan outsourcing (kontrak) untuk menampung minat masyarakat yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) namun tidak terakomodir.

“Minat masyarakat masuk PNS sangat besar, sementara pemerintah tidak bisa menerima secara keseluruhan, sehingga akan diupayakan melalui jalur PTT dan outsourcing,” kata Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) EE Mangindaan ketika berkunjung ke Manado, Senin (8/3/2010).

Rencana penerimaan dua model baru itu kini sedang dibahas di tingkat DPR dan nantinya akan dikeluarkan Peraturan Pemerintah.

Menurut Mangindaan, seperti dilaporkan Kompas.com, upaya penerimaan PTT dan outsourcing itu bisa dijadikan jalan keluar bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan. Di samping itu, permintaan sejumlah warga lulusan SMA agar direkrut juga pada penerimaan CPNS akan diperjuangkan oleh pemerintah pusat.

“Pemerintah juga membutuhkan tenaga SMA, yang penting profesional dan mampu menjalankan tugas dan amanat pelayanan masyarakat,” kata mantan Gubernur Sulawesi Utara itu.

Mangindaan mencontohkan, pengisian jabatan PNS sebagai juru ketik di kantor pemerintahan tidak harus lulusan sarjana, melainkan bisa memanfaatkan lulusan SMA. Jadi, PNS lulusan SMA dan PNS kontrak, kenapa tidak?

Tags: