PMSM Luncurkan Kode Etik Profesi Manajemen SDM Indonesia

PMSM

Setelah dua hari berturut-turut menyelenggarakan Konferensi Nasional SDM Indonesia 2011 di JW Marriot Hotel Jakarta (26-27 Oktober 2011) Perhimpunan Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia (PMSM) menutup dengan peluncuran Kode Etik Profesi Manajemen SDM Indonesia.

Menurut Is Nugroho, salah satu pengurus PMSM, peluncuran kode etik profesi ini didasari karena selama ini dalam perjalanan manajemen SDM di Indonesia terasa masih ada sesuatu yang kurang.

“Inilah alasan kenapa kami memprakarsai peluncuran kode etik profesi ini dan kami memerlukan dukungan melalui tanda tangan dari para peserta sebagai simbol. Meski sudah diluncurkan, kode etik ini masih bisa dilakukan penyempurnaan,” ujarnya.

Is selanjutnya menyebutkan ada 6 Nilai Dasar yang penting dalam kode etik profesi Manejemn SDM Indonesia, yakni:

1. Tanggungjawab profesional

2. Pengembangan profesional

3. Kepemimpinan

4. Kewajaran dan keadilan

5. Menolak pertentangan kepentingan

6. Penggunaan informasi

Sementara itu Sapta Putra Yadi selaku Ketua Umum PMSM menegaskan bahwa kode etik ini jangan dianggap 100% mengikat. “Kode etik ini hanya simbolisasi bahwa kita sebagai praktisi HR sudah terinternalisasi dengan kode etik yang ke depan masih bisa disempurnakan dan menjadi standar nasional,” tegasnya sambil menitip pesan agar wawasan yang diperoleh selama dua hari konferensi dapat ditularkan kepada rekan-rekan di kantor atau di komunitas lainnya. (team @portalHR)

Foto: Peserta Konferensi Nasional SDM Indonesia 2011 ramai-ramai menandatangani Kode Etik Profesi Manajemen SDM yang diprakarsai oleh PMSM.

Tags: