PMS, Antara Mitos dan Kenyataan

Semua orang yang bekerja di suatu organisasi memerlukan kejelasan mengenai tujuan dari apa saja yang ia kerjakan dan ia kontribusikan serta kejelasan penilaian mengenai hasil kualitas kerjanya di organisasi tersebut. Maka tidak dapat dipungkiri bahwa semakin lama semakin disadari pentingnya Performance Management System (PMS) di dalam mendukung pencapaian strategic business objective di suatu organisasi.

Sayangnya banyak sekali organisasi yang tidak dapat mendefinisikan dengan jelas perbedaan antara Performance Appraisal dan Performance Management. Secara mudah sebenarnya Performance Appraisal adalah proses penilaian kinerja individual dalam suatu kurun waktu tertentu yang bertujuan untuk mendapatkan feedback perbaikan system kerja secara operasional, sedang Performance Management adalah suatu Proses Pengelolaan Performance yang lebih bersifat strategis yang bertujuan untuk pengembangan individual dalam jangka panjang.

Performance Management termasuk kegiatan yang memastikan bahwa tujuan secara konsisten terpenuhi secara efektif dan efisien yang berfokus pada kinerja organisasi, departemen, hingga masing-masing karyawan. Performance Management juga dikenal sebagai suatu proses dimana organisasi menyelaraskan sumber daya, sistem dan human resources- nya untuk tujuan strategis dalam skala-skala prioritas yang jelas.

Berbagai mitos yang simpang siur dan campur aduk antara Performance Appraisal dan Performance Management banyak membingungkan organisasi sehingga menciptakan realitas yang menakutkan di antaranya realita bahwa Performance Management menjadi rutinitas yang memberatkan bagi organisasi. Banyak sekali organisasi yang mengalami kegagalan untuk menjadikan Performane Management menjadi suatu sarana perbaikan organisasi yang sangat strategis, sehingga Performance Management sebagai sarana perbaikan organisasi secara strategis hanyalah sekedar mitos yang indah dan teoritis.

Selain beberapa hal di atas, banyak sekali issue mengenai Performance Management yang perlu untuk diklarifikasikan dan dibahas secara mendalam, dan untuk menyikapi hal tersebut PortalHR bersama People Consulting merasa perlu untuk mengangkat issue ini dalam workshop satu hari pada tanggal 14 Maret 2013 di Hotel Morrissey Jakarta.

Selengkapnya mengenai event ini dapat dibaca di sini.

 

 

Tags: , ,