Perusahaan Ulang Tahun, Karyawan Jadi Pelayan Masyarakat

Perusahaan TI dunia Cisco memiliki cara yang unik dalam merayakan ulang tahunnya. Para karyawan dikerahkan untuk meluangkan waktu hingga 200.000 jam demi melayani masyarakat.
Chairman dan CEO Cisco Systems John Chambers menantang tiap karyawannya untuk meluangkan waktu empat jam guna melayani komunitas. Sehingga jika ditotal, seluruh karyawan ditargetkan meluangkan waktu sebanyak 200.000 jam atau setara dengan 25 tahun.
"Melayani masyarakat dan komunitas merupakan cara terbaik untuk menandai ulang tahun Cisco yang ke-25. Membantu masyarakat untuk terhubung dan berkolaborasi bukan cuma inti bisnis kami, tapi juga merupakan nilai yang kami junjung tinggi," kata Chambers.
Cisco didirikan pada 10 Desember 1984 oleh pasangan suami-istri Len Bosack dan Sandy Lerner, dua mantan ilmuwan komputer dari Standford University. Hasil kerja keras mereka memungkinkan pengiriman email antarkomputer di jaringan yang berbeda.
Penemuan tersebut berujung pada router multiprotocol yang pertama. Terobosan itu kemudian diklaim memegang peranan penting dalam mendorong pertumbuhan internet.
Chambers memprediksi bahwa dalam seperempat abad ke depan, peranan internet akan menjadi lebih penting dalam mendorong pertumbuhan, inovasi, dan produktivitas di berbagai sektor industri seperti kesehatan, pendidikan, dan energi.
Sejauh ini, selama 25 tahun berdiri, Cisco telah menghasilkan lebih dari 7.000 hak paten dan memberikan layanan sukarela hampir sebanyak 1 juta jam kerja.