Perusahaan Sukses, Gaji Karyawan Lebih Rendah

Apa yang terpikir di benak Anda tentang nama sebuah perusahaan besar yang sukses dan sangat terkenal? Salah satunya barangkali: gaji tinggi! Barangkali itu benar, namun tak sepenuhnya benar. Sebab, ternyata, menurut sebuah penelitian, perusahaan-perusahaan yang tercatat paling sukses di dunia menggaji karyawanya dengan tingkat yang rendah dibandingkan perusahaan pesaing mereka.

Perusahaan konsultan Hay Group menemukan bahwa perusahaan-perusahaan yang masuk daftar “2008 Fortune’s Most Admired Companies (MAC)” membayar (gaji pokok) karyawan mereka rata-rata 5% lebih rendah dibandingkan dengan perusahaan lain di luar daftar tersebut. Namun, bersamaan dengan itu, ditemukan juga bahwa bahwa perusahaan-perusahaan dalam daftar tersebut memberi penghargaan kepada karyawan secara lebih efektif. Di samping itu mereka juga lebih bagus dalam dua hal, yakni meretensi karyawan dan menghemat biaya rekrutmen.

Disimpulkan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut masuk daftar MAC pertama-tama bukan karena menggaji tinggi karyawan, melainkan berkat konsistensi mereka memenuhi Standar&Poor Index untuk shareholder returns. “Riset kami menemukan bahwa perusahaan-perusahaan yang masuk daftar MAC tidak hanya terpaku pada formula untuk menciptakan program-program penghargaan terhadap kerja karyawan secara lebih efektif,” ujar Associate Director Hay Group Colin Evans.

“Kunci pembeda antara perusahaan-perusahaan berkinerja tinggi dan rendah terletak pada keberhasilan mengimplementasikan strategi penghargaan terhadap karyawan,” sambung dia. Perusahaan-perusahaan yang disurvei memperlihatkan tingkat bonus dan insentif yang lebih, terutama untuk jabatan-jabatan level atas. Dan, pada banyak kasus, ditemukan program penghargaan terhadap top performer yang dua kali lebih efektif dibandingkan dengan perusahaan pesaing.

Tags: