Perusahaan Prioritaskan Tunjangan Transportasi

Dampak kenaikan harga BBM yang nyaris 30% tidak hanya membuat karyawan repot, tapi pihak perusahaan pun pusing. Banyak yang menuntut kenaikan tunjangan bahkan gaji. Jalan tengahnya, untuk waktu dekat, perusahaan akan memprioritaskan tunjangan transportasi karyawan.

Ketua Umum Kadin Indonesia MS Hidayat mengatakan, tunjangan transportasi dan uang makan untuk karyawan harus dijadikan komitmen perusahaan. Prinsipnya, tunjangan tersebut untuk mengurangi beban karyawan akibat kenaikan harga BBM. Kenaikan tunjangan diharapkan dimulai bulan depan.

”Tunjangan transportasi dan uang makan secara prinsip akan diupayakan oleh majikan level usaha menengah ke atas,” ujar dia usai rapat tertutup dengan sejumlah asosiasi mengenai kenaikan harga BBM di Jakarta, Rabu (28/5/08). Namun diakui, “Yang menjadi persoalan, kenaikan tunjangan usaha kecil masih sangat sulit,” tambah dilaporkan Kompas.
Mengenai persentase kenaikan tunjangan itu, Hidayat menyerahkannya kepada pertimbangan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo). Kadin akan memegang komitmen Apindo.

Menurut Ketua Umum Apindo Sofjan Wanandi, kenaikan tunjangan tergantung kemampuan perusahaan. “Besarannya sedang dihitung karena organisasi angkutan umum belum menentukan tarif secara resmi,” kata dia.

Tags: