Perusahaan Multinasional Kembali Buka Lowongan Kerja

Akibat resesi ekonomi global sejak akhir tahun lalu, tren lowongan kerja di Indonesia terkena dampak dan sempat mengalami penurunan. Namun, setelah Idul Fitri, September lalu jumlah lowongan kerja yang tersedia kembali meningkat. Diprediksikan, peningkatan tersebut masih akan terus berlangsung hingga akhir Januari 2010.

Hal itu diungkapkan oleh General Manager JobsDB.com Chandra Ming di Jakarta pekan ini. Selain karena situasi ekonomi yang sudah mulai membaik, menurut dia, dibukanya kembali rekrutmen oleh perusahaan didorong oleh adanya kebutuhan akan karyawan baru usai Lebaran.

“Khusus di Indonesia, pasca-Lebaran kemarin sudah menunjukkan peningkatan secara perlahan. Perusahaan, baik lokal maupun multinasional, kembali membuka peluang bagi pencari kerja. Trennya masih akan pick-up terus sampai Januari 2010,” papar Chandra.

Penurunan tren lowongan pekerjaan pada Januari hingga Agustus 2009, dalam hemat Chandra memang disebabkan oleh faktor pemangkasan biaya yang dilakukan perusahaan-perusahaan multinasional. “Perusahaan multinasional yang pusatnya di luar negeri secara langsung terkena dampak krisis, otomatis memerintahkan cut cost. Ini yang menyebabkan penurunan lowongan kerja,” ungkap dia.

Lulusan Baru

Chandra juga memaparkan data bahwa pencari kerja di Indonesia saat ini masih didominasi para lulusan baru. Dari catatan JobsDB.com, mereka yang baru lulus dari perguruan tinggi lebih berminat mencari kerja dibandingkan membuka peluang usaha sendiri. “Kalau yang berpengalaman itu rata-rata hanya 10 persen,” ujar dia.

Kendati didomoniasi lulusan baru, Chandra melihat, hal tersebut tidak mempengaruhi tren lowongan kerja yang tersedia. “Sejak dulu, perusahaan-perusahaan selalu memberikan peluang besar bagi fresh graduate job seeker,” kata Chandra seraya menambahkan, perusahaan lebih suka merekrut fresh graduate karena cost-nya relatif lebih murah.

JobsDB.com merupakan perusahaan layanan rekrutmen via online yang cukup rajin menggelar bazaar lowongan kerja. Akhir pekan ini misalnya, mereka menggelar JobsDB.com Career Expo 2009 di Balai Kartini, Jakarta, dibuka mulai hari ini, Jumat (16/10/09) dan akan berlangsung hingga Minggu (18/10).

Tak kurang dari 150 perusahaan terkemuka, lokal, dan multinasional dengan ribuan lowongan kerja dari berbagai bidang dan posisi akan ambil bagian dalam pameran tersebut. Kali ini, Career Expo digelar dengan konsep “paperless”. Pencari kerja cukup datang dengan membawa daftar riwayat hidup (CV) dalam USB saja.

Tags: