Perusahaan Global, Gaji Global, Benefit Global

Dunia bisnis yang semakin mengglobal menuntut perusahaan membenahi diri termasuk dalam urusan penggajian. Sejumlah besar perusahaan mulai mengubah struktur kompensasi dan benefit mereka menjadi lebih terpusat untuk memastikan karyawan dan manajer yang bekerja di cabang-cabang di seluruh dunia mendapatkan insentif yang sama.

Studi yang dilakukan atas 275 pengusaha oleh tim konsultan Watson Wyatt Worldwide dan WorldatWork menemukan, lebih dari separo merencanakan untuk mengubah stuktur menjadi lebih terpusat dalam dua tahun ke depan. Angka tersebut merupakan peningkatan dari hasil survei serupa pada 2004, yakni 42 persen. Di atas semua itu, dua dari tiga perusahaan multinasional telah mengadopsi strategi SDM yang konsisten di semua kantor cabang di seluruh dunia.

“Pendekatan global yang terpusat untuk kompensasi dan benefit diperlukan dalam membangun konsistensi dan kesepahaman mengenai tujuan-tujuan perusahaan, meskipun perusahaan-perusahaan multinasional mesti melihat berapa besar perhatian mereka pada konsistensi itu,” kata direktur konsultan internasional dari Watson Wyatt Bob Wesselkamper seperti dilaporkan Management-issues.

“Budaya-budaya lokal dan ketersediaan sumber daya memainkan peran besar juga. Kuncinya, menemukan keseimbangan yang tepat di mana sejumlah program sebaiknya dikelola secara global, sementara sebagian yang lain lagi dikelola secara lokal,” tambah dia.

Sebagian besar perusahaan multinasional mengeloka kompensasi eksekutif, insentif dan manajemen kinerja secara global, terutama karena program-program ini terkait dengan penghargaan mereka dan ukuran-ukuran kinerja, demikian hasil survei tersebut.

“Perusahaan-perusahaan secara penuh memusatkan program yang menggerakan strategi kinerja,” ujar kepala pelatihan bidang kompesasi dari WorldatWork Don Lindner. Tercatat, 80 persen perusahaan secara pasti mengembangkan kebijakan global dan 64 persen dengan konsisten mengimplementasikan perangkat, proses dan teknologi global untuk memperkuat prosedur pelaksanaan.

Tags: