Perusahaan “Blue-chip” Utamakan Imbalan Non-Cash pada 2010

Uang tunai yang langsung bisa dibelanjakan bukan lagi primadona bagi perusahaan-perusahaan "blue-chip" (perusahaan besar dan terkenal yang tercatat di bursa efek) untuk membahagiakan dan menyejahterakan karyawan melalui bonus maupun imbalan.
Demikian diungkapkan oleh pakar reward dari lembaga konsultan HR Mercer, Hannah Perrera menyimpulkan hasil penelitian mengenai benefit dan remunerasi. Survei menunjukkan bahwa sebagian besar perusahaan "blue-chip" di Inggris akan menaikkan "pay" mereka pada 2010.
Perrera mencatat, sebagian responden menegaskan bahwa pada 2010 mereka akan "mengurangi perhatian" pada elemen-elemen yang bersifat "cash" dalam memberikan penghargaan kepada karyawan. Mereka mengaku akan lebih memberikan peningkatan karier dan keseimbangan antara kehidupan pribadi dan kerja.
"Uang tunai tidak lagi menjadi primadona di mata kaum pengusaha," simpul Perrera. "Dan, akan digantikan dengan usaha-usaha yang lebih mempertinggi engagement karyawan dan fokus pada motivasi dan karyawan yang bernilai tinggi."
Perrera mengaku tidak tahu apakah pendekatan "baru" tersebut akan terus berlanjut ketika situasi ekonomi kembali normal.
Yang jelas, 76% perusahaan "blue-chips" yang disurvei menyatakan tidak akan memberlakukan pembekuan gaji pada 2010. Perkiraan kenaikan gaji yang akan dilakukan antara 2,57% hingga 2,8%. Survei melibatkan 41 perusahaan "blue-chip" pada September.

Tags: